Perbandingan Kebugaran Jasmani Siswa Usia 13-15 Tahun Pada Daerah Pesisir Pantai dan Dataran Tinggi

Amzad Faris Fida, Arya T Candra

Abstract


Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang melakukan aktifitas secara efisien tanpamengalami kelelahan yang berartidan masih memiliki cadangan energi yang dapat digunakan untuk menikmati waktu luang. Oleh karena itu kebugaran sangatlah penting untuk menunjang aktifitas seseorang.Perbedaan letak geografis tentunya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, karena aktifitas fisik yang mereka lakukan juga berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap tingkat kebugaran seseorang. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji perbandingan tingkat kebugaran jasmanisiswausia 13-15 tahun di daerah dataran tinggi dan pesisir pantai. Penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan survey. Hasil penelitian menunjukkan untuk data secara keseluruhan siswa (putra dan putri) di daerah dataran tinggi yaitu: terdapat 0 siswa (0%) yang masuk dalam kategori baik sekali , 7 siswa (28%) kategori baik, 15 siswa (60%) kategori sedang, 3 siswa (12%) kategori kurang, dan 0 siswa (0%) kategori kurang sekali. Untuk daerah Pesisir Pantai yaitu terdapat 0 siswa (0%) dalam kategori baik sekali, 6 siswa (24%) dalam kategori baik, 12 siswa (48%) dalam kategori sedang, 7 siswa (28%) dalam kaategori kurang, 0 siswa (0%) dalam kategori kurang sekali.

Keywords


Kebugaran Jasmani, Letak Geografis, Dataran Tinggi dan Pesisir Pantai

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi.2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Candra, A.T. 2016. Studi Tentang Kemampuan Lompat Tegak Siswa Sekolah Dasar Negeri Berdasarkan Perbedaan Geografis Sebagai Identifikasi Bakat Olahraga. Jurnal SPORTIF | Vol. 2 No. 2.

Candra, A.T. dan Irwanto, E. 2018. Studi Minat dan Bakat Anak Usia Dini Secara Ilmiah Pada Suku Jawa di Kabupaten Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga. Vol. 1 No 1.

Devy Amelia Nurul Alamsyah*,Retno Hestiningsih,Lintang Dian Saraswati. 2017. Faktor -Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebugaran Jasmani Pada Remaja Siswa Kelas XI SMK NEGERI 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal)

Djoko Pekik Irianto. 2004. Pedoman Praktis Berolahraga. Yogyakarta: Andi Offset.

Eko Zulki Wijayanto. 2012. Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola Besar TerhadapTingkat Kesegaran Jasmani. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation

Faruq, Muhammad Muhyi. 2008. Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan dan Olahraga Pencak Silat. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Hari Agung Wiwoho, Said Junaidi, Sugiarto. 2014. Profil Kondisi Fisik Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket Putra SMAN 02 UNGARAN TAHUN 2012. Jurnal of Sport Sciences and Fitness.

Ismaryati. 2006. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Juharis. 2013. Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa SMA Negeri 2 Sinjai Utara. Jurnal Ilara.

Lutan, Rusli, dkk. 2002. Pendidikan Kebugaran Jasmani. Orientasi Pembinaan Di Sepanjang Hayat. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen OR

Mochamad Sajoto. 2016. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Dirjen Dikti P2LPTK. Dekdikbud

Muhajir, M. dan Jaja, M. 2011. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga

Muhammad Hilman. 2016. Profil Kondisi Fisik Pemain Sepakbola Perkumpulan Sepakbola Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhammad Miftakul Huda dan Hari Wisnu. 2015. Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII, VIII dan IX Smpn 5 Sidoarjo (Studi Pada Siswa Kelas VII, VIII dan IX SMP NEGERI 5 SIDOARJO). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

Muhajir.2004. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga

Nurhasan,Cholil. 2007. Tes dan pengukuran.Bandung : FPOK UPI Bandung

________. 2011. Tips Praktis Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: ABIL PUSTAKA.

Sajoto. 2016. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga .Semarang : Dahara prize.

Stephani Yane, Zainal Arifin, Mira Fauzita. 2017. Analisis Tingkat Kesegaran JasmaniMahasiswa Program Studi Penjaskesrek IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Olahraga.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Triyono. 2018. Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV & V Daerah Rawan Bencana Gunung Merapi Di Kabupaten Sleman. Fakultas Ilmu Keolahrgaan Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3053

Copyright (c) 2020 Amzad Faris Fida, Arya T Candra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats