Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok untuk PembelajaranSepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SiswaSekolah Dasar

Rachmi Marsheilla Aguss

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan model permainan tradisional sepatu batok digunakan sebagai panduan: meningkatkan kualitas pembelajaran, mengetahui efektivitas permainan sepatu batok untuk pembelajaran penjasorkes SD, mengetahui keterterimaan permainan sepatu batok. Metode penelitian menggunakan pengembangan produk model permainan sepatu batok siswa SD dilakukan dengan 6 tahapan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner, teknik analisis data persentase, pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS 20. Subjek penelitian siswa SD berjumlah 70 orang dan guru 4 orang. Hasil penelitian berupa produk permainan tradisional sepatu batok yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran penjasorkes, berdasarkan uji skala besar menunjukkan: koefisien reliabilitas 70 siswa responden yaitu 0,589. Guttman Split-Half Coefficient untuk 4 guru responden yaitu 0,956. Dapat disimpulkan hasil reliabilitas untuk respon guru dikatakan reliabel karena r hitung lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5%. Data responden siswa sebagai penguat dalam penilaian yang diambil dengan indikator kognitif 91,42%, indikator psikomotor 97,5%, indikator afektif 96,25%, kenaikan jumlah denyut nadi pembelajaran laki-laki 69,16% sedangkan kenaikan jumlah denyut nadi pembelajaran perempuan 68,60%. Kesimpulan, pengembangan permainan sepatu batok untuk pembelajaran Penjasorkes di SD menghasilkan produk efektif untuk meningkatkan pembelajaran sepak bola siswa. Disarankan bagi guru untuk dapat menggunakan model permainan sepatu batok sebagai bahan ajar alternatif pembelajaran penjasorkes.

Keywords


pengembangan, permainan tradisional, sepatu batok

Full Text:

PDF

References


Achroni, Keen. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Javalitera.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004

Depdiknas. (2006). Kurikulum Satuan Pendidikan.

Depdikbud (1982) Permainan anak-anak daerah Lampung. Proyek inventarisasi

dan dokumentasi kebudayaan daerah Lampung.

Masnur Muslich. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Pangrazi Robert P. (2004). Dynamic Physical Education Elementary School Children.San Fransisco. Benjamin Cummings.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. Jakarta: Litera

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

SMP/MTS.Jakarta:LITERA PERNADA MEDIA GROUP

Slameto. (2003). Belajar dan Pembelajaran: PT Remaja Rosda Karya

Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani: Filosofi, pembelajaran, dan masa depan. Bandung: Penerbit Nuansa.

Susilana, R, dan Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: Jurusan Kurtepend FIP UPI.

Taga, (2003). Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikdasmen.

Thomas K.T. Lee A.M, Thomas J.R. (2003) physical Education Methods for Elementary Teacher. Champain, IL. Human Kinetics.

----------------------. (2005). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta : Kementrian Mempora.

Toho Cholik Mutphir (2004). Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak.

Jakarta: Proyek Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Olahraga. Direktorat Jenderal Olahraga. Depdiknas.

Toho Cholik, Maksum, Ali. (2007). Sport Development Index. Jakarta : PT Indeks

Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Wasis Dwiyogo. (2004). Konsep Penelitian dan Pengembangan. Makalah. Lokakarya

Metodologi Penelitian Jurusan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu

Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Widodo. (2004). Pengembangan Gerak Dasar Peserta Didik Kelas 1 dan 2 SekolahDasar (Usia 6-8 Tahun). Jakarta: Depdiknas, Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.

Yi Ching Huang. (2012). Physical Fitness and Academic Achievement of ElementarySchool Student. JPES




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3052

Copyright (c) 2020 Rachmi Marsheilla Aguss

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor