Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Media Kardus Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017

Yudi Saputra, Ahmad Alib Pardianto

Abstract


Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah proses pendidikan melalui aktivitas jasmani dan sekaligus merupakan proses pendidikan untuk meningkatkan kemampuan jasmani. Berdasarkan observasi dengan guru mata pelajaran penjaskes, masih ada permasalahan yang dialami peserta didik kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung Jombang yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dalam melakukan lompat jauh dengan 9 siswa yang belum tuntas dan 5 siswa yang tuntas.Dari permasalahan yang ada, perlu dilakukan perubahan proses pembelajaran agar hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung dapat meningkat. Dari pengamatan yang telah dilakukan Pada umumnya, peserta didik di SDN Kademangan I dalam melakukan lompat jauh pada posisi awalan, tolakan, melayang dan mendarat masih kurang. Sehingga hasil yang dicapai kurang optimal, secara umum dapat diketahui bahwa unsur utama penyebab kurangnya pencapaian lompat jauh pada peserta didik sekolah dasar adalah pada saat awalan dan tolakan. Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan peningkatan hasil belajar lompat jauh peserta didik kelas V SD Negeri Kademangan 1 Mojoagung melalui permainan media kardus.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan beberapa siklus didalamnya. Pada penelitian ini menggunakan sampel pada kelas V di SD Negeri Kademangan I Mojoagung Jombang, dengan 14 siswa sebagai sampel. Setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V di SD Negeri Kademangan I Mojoagung Jombang dengan sampel berejumlah 14 siswa. Berdasarkan tabel di atas pada pembelajaran siklus pertama terlihat bahwa pemahaman belum maksimal dan banyak peserta didik yang belum tuntas KKM dengan prosentase 57,14% dan pada siklus II mendapatkan prosentase 78,57%. Sehingga didapatkan peningkatan setelah diberikannya permainan media kardus pada siswa kelas V di SD Negeri Kademangan I Mojoagung Jombang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan media kardus dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik. Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok ini dapat dilihat dari hasil yang didapatkan selamamelaksanakan penelitian.

Keywords


Hasil Belajar, Lompat Jauh, Permainan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Bahagia, Yoyo. Dkk. (2000).Atletik. Departemen Pendidikan Dan KebudayaanDirektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dimiyati & Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta : Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2010).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Gintings, Abdorrahman. (2010). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Humaniora.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara : Jakarta.

Jamali. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMA Katolik St. Augustinus Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Maksum, Ali. (2009).Metodologi Penelitian dalam Olahraga, Surabaya : Fakultas Ilmu Keolahragaan – Universitas Negeri Surabaya.

Mardiana, Ade.dkk. (2009).Pendidikan Jasmani dan kesehatan. Universitas terbuka Jakarta.

Mark, Guthrie. (2003). Sukses Melatih Atletik, Pustaka Insan Madani : Jakarta.

Meddler, Michael. (1996) .Buku Pedoman Lomba Atletik. Stadio Madya; Surabaya.

Pratama, Yudha Ady. (2014). Pengaruh Pembelajaran Modifikasi dengan Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bojonegoro.

Samsudi. (2009).Pemanfaatan Lingkungan dalam Pembelajaran Penjas, Jakarta : Universitas Terbuka

Sudjana, Nana. (2010).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdikarya.

Suherman, Ma. (2000) . Dasar-Dasar PendidikanJasmani. Dian Rakyat : Jakarta.

Sujarwadi dan Dwi Sarjianto. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: PT. Intan Pariwara




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3035

Copyright (c) 2020 Yudi Saputra, Ahmad Alib Pardianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats