Comparison Of Agility Ladder And Agility Ring Training On Improving Agility In Pencak Silat Fighting Category

Abdul Hakim Khoiri, Bambang Sutiyono, Heru Miftakhudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Peningkatan kelincahan dengan latihan agility ladder. 2. Peningkatan kelincahan dengan latihan agility ring. 3. Perbedaan peningkatan kelincahan antara latihan agility ladder dan agility ring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental, dengan teknik sampling yang digunakan purposive sampling dan didapati jumlah 30 atlet. Instrumen tes yang digunakan untuk penelitian ini yaitu hexagonal obstacle agility test. Untuk menganalisis data dengan statistika inferensial uji-t sampel sejenis dan uji-t sampel berbeda. Hasil penelitian selama 16x pertemuan dengan frekuensi 3x dalam seminggu didapati: 1. Didapati latihan agility ladder, hasil uji-t sampel sejenis adalah ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 5,329 > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,624 hipotesis statistik yang didapat yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan peningkatan kelincahan antara sebelum dan sesudah diberikan latihan agility ladder. 2. Didapati latihan agility ring hasil uji-t sampel sejenis adalah ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 13,332 > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,624 hipotesis statistik yang didapat yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan peningkatan kelincahan antara sebelum dan sesudah diberikan latihan agility ring. 3. Didapati terdapat perbedaan peningkatan kelincahan antara latihan agility ladder dan agility ring, hasil uji-t sampel berbeda adalah ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”ย = 3,146 > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ย = 2,763 hipotesis statistik yang didapati yaitu H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan peningkatan kelincahan dengan latihan yang diberikan antara agility ladder dan agility ring.


Keywords


agility ladder; agility ring; kelincahan; pencak silat

Full Text:

PDF

References


Lavenia, N., Putranto, D., & Walton, E. (2019). Pengaruh Latihan Fartlekterhadap Daya Tahan Cardiovascular pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal Madrasah Aliyah Al-Ittihadiyah Al- Islamiyah Sungaiselan. Jurnal Ilmu Pendidikan Jasmani Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi, 2(1), 13-16.

Tjaliek Soegiardo. (1991). Fisiologi Olahraga. Yogyakarta: FPOK IKIP Yogyakarta.

Yonda, O., & Miftakhudin, H. (2023). Pelatihan Tes Dan Pengukuran Profil Fisik Atlet Junior Tenis Wilayah Dki Jakarta Tahun 2023. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2023, 2023. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Bafirman. (2018). Pembentukan Kondisi Fisik. PT Rajagrafindo Persada.

Depok.

Bompa, T. Gregory, G. (2009). Periodization Training of Sport: Theory and Methodelogy of Training. United of State America: Human Kinectics.

Lubis Johansyah, 2004. Pencak Silat Panduan Praktis. Jakarta : PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung : Alphabet.

Ismoko, A.P & Putro, D.E. (2017). Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Terhadap Power Tungkai Atlet Bolavoli. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9 (1).

Joko Purwanto. 2004. Hoki. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v5i1.22756

Copyright (c) 2024 Abdul Hakim Khoiri, Bambang Sutiyono, Heru Miftakhudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

ย 

View My Stats