Survei Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Menengah Pertama di SMP Negeri 3 Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

Fernanda Ria Asmara, Ari Wibowo Kurniawan

Abstract


Kebugaran jasmani siswa menjadi masalah tersendiri dalam dunia pendidikan hal ini dikarenakan banyaknya siswa pada zaman sekarang yang memiliki kebugaran jasmani yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebugaran jasmani siswa kelas 7 dan 8 di SMP Negeri 3 Bangorejo. Pada penelitian ini menggunakan rancangan metode survei bentuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik total sampling sehingga subjek penelitian berjumlah 135 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes TKJI yang diberikan pada subjek penelitian di SMP Negeri 3 Bangorejo Banyuwangi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif Kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini merupakan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas 7 dan 8 di SMP Negeri 3 bangorejo memiliki tingkat kebugaran jasmani 71% siswa memiliki kategori kebugaran jasmani sedang.

 

Kata kunci: kebugaran jasmani; pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga.

 

Abstract

 

Physical fitness of students is a separate problem in the world of education, this is because many students today have low physical fitness. The purpose of this study was to determine the physical fitness of grade 7 and 8 students at SMP Negeri 3 Bangorejo. In this study, a survey method design was used in the form of quantitative descriptive research using a research instrument in the form of a test. Sampling was done by total sampling technique so that the research subjects totaled 135 students. The research instrument used the TKJI test given to research subjects at SMP Negeri 3 Bangorejo Banyuwangi. Then the data obtained were analyzed using descriptive quantitative analysis techniques. The results in this study were the level of physical fitness of grade 7 and 8 students at SMP Negeri 3 Bangorejo having a physical fitness level of 71% of students belonging to the moderate physical fitness category.

 

Keywords: physical fitness; physical education health and sports.


Keywords


physical fitness; physical education health and sports.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andriyani, F. D. (2016). Status Kebugaran Jasmani Siswa Putri Kelas VIII SMP N 3 Depok Yogyakarta. Jurnal Riset Physical Education (MOTION), 8(1), 59–66. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/motion.v8i1.454

Anton, D., Munandar, W., & Ismail, A. (2023). SURVEI TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SMP NEGERI 1 RINDINGALLO KELAS VII TORAJA

UTARA. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa): Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(1), 22-27.

https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i1.313

Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21 Article Info. Journal of Instructional Technology, 1(2). http://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit

Damsir, D., Idris, M., & Rizhardi, R. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. JOLMA, 1(1), 41-53.

Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa melalui PENJASKES. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143–154. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jip.v7i2.1700

Donnelly, J. E., Hillman, C. H., Castelli, D., Etnier, J. L., Lee, S., Tomporowski, P., Lambourne, K., & Szabo-Reed, A. N. (2016). Physical activity, fitness, cognitive function, and academic achievement in children: A systematic review. In Medicine and Science in Sports and Exercise (Vol. 48, Issue 6, pp. 1197–1222). Lippincott Williams and Wilkins. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000000901

Inanta, R. (2019). Rencana Strategis Tahun 2020-2024. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda dan Olahraga. https://museumor.kemenpora.go.id/ repository/dokumen_data/DOKUMENDAT A-KEMENPORA-20221213080831.pdf

Junianto, T. (2022). Pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI) , 1(2), 189–202. https://doi.org/https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.28

Mahastuti, F., Rahfiludin, Z., & Suroto. (2018). Hubungan Tingkat Kecukupan Gizi, Aktivitas Fisik dan Kadar Hemoglobin dengan Kebugaran Jasmani (Studi pada

Atlet Basket di Universitas Negeri Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(1), 458–466. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jkm.v6i1.19907

Mashud, M. (2016). Model Sekolah Berwawasan Kebugaran Jasmani. Jurnal Multilateral, 15(1), 75–85. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1688724&val=18378 &title=MODEL%20SEKOLAH%20BERWAWASAN%20KEBUGARAN%20JASMA NI

Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru PJOK dalam Mewujudkan. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. http://eprints.ulm.ac.id/7514/1/A6 ANALISIS_GURU_PJOK.pdf

Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health |, 2(11), 2020.

http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/indexhttp://fik.um.ac.id/

Muliadi, M. (2022). KreativitasGuruPendidikanJasmani dalam Memodifikasi SaranadanPrasarana Pembelajarandi SekolahDasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 22–31. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2826

Prianto, D. A., Utomo, M. A. S., Abi Permana, D. A. P., Mutohir, T. C., & Suroto, S. (2022). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani dan Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama di Sidoarjo. Jurnal SEGAR, Vol 11 No 1, 54–55.

https://doi.org/https://doi.org/10.21009/segar/1002.01

Riyati, R., Hambali, H., & Zahirman, Z. (2016). Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Undang-undang Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Dimuka Umum di Universitas Riau Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University). https://www.neliti.com/publications/203435/persepsi-mahasiswa-tentang- implementasi-undang-undang-nomor-9-tahun-1998-tentang

Sadly, B., Nurseto, F., & Husin, S. (2015). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani antara Siswa SMP yang berada di Perkotaan. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 3(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/7502

Sari, A. D., & Nurrochmah, S. (2019). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani di Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 1(2), 2019. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/indexhttp://fik.um.ac.id/

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. ALFABETA.

Surahni, S. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai Sarana Pendidikan Moral. URECOL, 39–46. https://journal.unimma.ac.id/index.php/urecol/article/view/937

Zulfa, I. I., & Kurniawan, A. W. (2019). Survei Kebugaran Jasmani Kelas VIII SMP Plus Asy-Syukur Kanigoro. Sport Science and Health |, 1(3). http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/indexhttp




DOI: https://doi.org/10.32528/sport-mu.v4i1.19158

Copyright (c) 2023 Fernanda Ria Asmara, Ari Wibowo Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember

 

View My Stats