MENGEMBANGKAN MINAT MENJADI WIRAUSAHA MAHASISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Studi Kasus Pada Mahasiswa FE Universitas Muhammadiyah Jember)

Haris Hermawan

Sari


Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk mengkaji dan meneliti perilaku manusia dengan terjun langsung ke lapangan, bertemu dan berinteraksi secara intensif dengan subjek penelitian dan menjadi bagian dari dinamika kehidupan subjek. Kebenaran yang ditemukan, murni berasal dari lapangan, bukan berasal dari kesamaan dengan teori-teori yang baku. Teori bukan parameter dalam menentukan kebenaran, tetapi kebenaran bersumber dari bagaimana kemampuan dalam membingkai dan merangkum apa yang dipersepsi subjek sebagai sebuah kebenaran (Herdiansyah, 2015). Problem Based Learning (PBL) digunakan sebagai strategi dalam melakukan interaksi dengan mahasiswa sebagai informan. Sumber data sekunder penelitian ini adalah hasil penelitian kuantitatif Retno dan Fiki (2016) berjudul “Minat Menjadi Wirausaha Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember” dimana telah ditemukan bahwa ada hubungan signifikan antara minat mahasiswa menjadi wirausaha sehingga banyak kutipan teori yang dipakai sebagai kerangka konseptual, hasil ini perlu ditindaklanjuti secara kualitatif. Hasil penelitian dengan taksonomi ranah kognitif Bloom menunjukkan bahwa mahasiswa telah mampu menjadi wirausaha, dengan mengetahui kemampuan mahasiswa menjadi wirausaha diharapkan dapat dipergunakan oleh dosen pengampu dalam menyusun RPS sebagai acuan dalam capaian pembelajaran mahasiswa dan pengembangan ranah afektif dan psikomotorik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali Mukson (2005). “Implementasi Problem-Based Learning Dalam

Herdiansyah, Haris. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi, Jakarta, Salemba Humanika.

http://sumardi28.blogspot.co.id/2011/01/ranah-penilaian-kognitif-afektifdan.html , ranah penilaian-kognitif-afektif-psikomotorik di sadur dari hotpage Indonesia, Jakarta: Prehalindo.

Kotler, Philip &, Amstrong, Gary. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1 Edisi

______________________. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2, Jakarta: Prehalindo.

Pembelajaran Berbasis Masalah,INVOTEC, Volume IX, No.2,

Pembelajaran Kewirausahaan.Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 2 Nomor 3,

Resti. Dkk (2013). “Pembelajaran Saintifik Elektronika DasarBerorientasi

Retno dan Fiki (2016). “Minat Menjadi Wirausaha Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember”. Penelitian Internal

Sugiono, 2007, “ Metode Penelitian Bisnis”, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.