DETERMINAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM DI KABUPATEN JEMBER

Diyah Probowulan

Sari


Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling (acak) berjumlah 30 orang pemimpin atau pemilik UMKM dengan tingkat kesalahan 5%. Data dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner kepada para pemimpin atau pemilik dari UMKM. Data – data tersebut sebelum dianalisis telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pendidikan , skala usaha dan lama usaha berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM. Saran bagi perusahaan UMKM, perusahaan harus lebih memahami penggunaan informasi akuntansi UMKM, penyediaan laporan keuangan mutlak harus disediakan apabila UMKM membutuhkan modal dan akan mengajukan kredit ke Bank. Perkembangan dan persaingan usaha yang sangat pesat memaksa para pemilik UMKM untuk mengembangkan usaha dan masalah permodalan sering menjadi kendala bagi para pemilik UMKM. Dengan adanya informasi akuntansi yang baik diharapan pengusaha UMKM dapat berkembang dan survive didalam persaingan bisnis yang ketat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arizali, Aufar. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei pada Perusahaan Rekanan PT.PLN (Persero). Bandung.

Astuti. 2007. Pengaruh karakteristik internal perusahaan terhadap penyiapan dan penggunaan informasi akuntansi perusahaan kecil dan menengah di kabupaten Kudus. Thesis dipublikasika. UNDIP. Semarang.

Cut Srikandi, Dr.Aris Budi Setyawan. 2008. Analisis Penerapan Siklus Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta.

Diskoperindag Bondowoso. 2014. Diskoperindag Bondowoso pasarkan produk via Online, (Online). Diunduh tanggal 14 Desember 2014 pukul 19.00 WIB dari www.infobondowoso.net.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Cetakan keempat. UNDIP Semarang.

Handayani. 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi usaha kecil dan menengah. Jurnal Akuntansi. UNES Semarang.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan(PSAK)Nomor 1.Jakarta : Salemba Empat.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntansi Publik. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Ishak. 2005. Startegi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas ASEAN, (Online). Diunduh tanggal 29 Desember pukul 18.00 WIB dari www.fiskal.depkeu.go.id.

Kementerian Koperasi dan UMKM. 2013. “Kadin & LPDB Kemenkop Bergandengan Tangan demi UMKM. Diunduh tanggal 14 Desember 2014 pukul 20.00 WIB dari www.depkop.go.id.

Linear Diah Sitoresmi. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah(Studi KUB Sido Rukun Semarang).UNDIP Semarang.Semarang.

Margono, S. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Rudiantoro. 2010. Kualitas Laporan Keuangan UMKM serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Simposium Nasional Akuntansi , IAI.

Setyawan, Poernomo. 2007. Menumbuhkan kebiasaan Menyusun Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Bisnis dan Usahawan, II No. 7 : 181-184.

Skousen, Stice, Stice.2004. Intermediate Accounting. Edisi Kesembilan, Jilid I, Erlangga, Jakarta.

Soemarso. 2004.Akuntansi suatu pengantar jilid I. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. CV.Alvabeta. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.