ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN BERDASARKAN COMMITED BUYER, LIKE THE BRAND, SATISFIED BUYER, HABITUAL BUYER, DAN SWITCHER (Studi Pada Surat Kabar Solopos di Wilayah Surakarta)

Moech Nasir

Sari


Tujuan penelitian ini adalah bagaimana tingkat loyalitas konsumen terhadap surat kabar SOLOPOS? Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang berupa pelanggan tetap surat kabar SOLOPOS yang berlangganan sejak tahun 2008 hingga 2010. Berdasarkan hasil analisis deskriptif loyalitas merek diperoleh Switcher buyer diperoleh konsumen yang sensitif terhadap perubahan harga atau diskon dan mempunyai perilaku bergantiganti merek surat kabar karena konsumen yang menjawab selalu / sangat setuju lebih besar dengan nilai 4,054. Habitual buyer diperoleh konsumen yang puas dengan merek produk yang dikonsumsi atau setidaknya konsumen tidak mengalami ketidakpuasan dalam mengkonsumsi merek produk tersebut. Dengan demikian dikategori konsumen puas dengan merek produk yang dikonsumsi karena konsumen yang menjawab setuju sebesar 4,110. Satisfied buyer diperoleh konsumen puas dengan merek produk yang dikonsumsi Dengan demikian konsumen dikategori puas dengan merek produk yang dikonsumen karena konsumen yang menjawab setuju sebesar 4,027. Likes the brand diperoleh konsumen yang sungguh-sungguh menyukai merek tersebut, dimana pada tingkatan ini dijumpai perasaan emosional yang terkait pada merek. Dengan demikian konsumen dikategori suka merek tersebut karena konsumen yang menjawab setuju sebesar 4,020. Berarti hasil comitted buyer diperoleh konsumen yang memiliki suatu kebanggan sebagai penguna merek dan bahkan merek menjadi sangat penting bagi konsumen dipandang dari segi fungsinya maupun sebagai suatu ekspresi mengenai siapa sebenarnya konsumen. Dengan demikian konsumen dapat dikategorikan bangga sebagai pengguna merek karena konsumen yang menjawab setuju sebesar 4,250

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Djarwanto dan Subagyo. 2004. Dasar – Dasar Operasions Research. Yogyakarta : BPFE

Durianto, Darmadi., Sugiarto & Tony Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama.

Gujarati, Damodar, 1995. Ekonometrika Dasar. Edisi Bahasa Indonesia. Alih Bahasa Sumarno Zain. Erlangga: Jakarta.

Hasan , Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta : Media Utama.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 2002. Metodologi Penelitian Bisnis UntukAkuntansi dan Manajemen. BPFE-Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Milenium. Jakarta : PT. Prenhalindo.

Mateus, J (2008), dengan judul Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Restoran Khas Batak (Studi Kasus : Lapo Ni Tondongta Cabang Jalan Pramuka, Jakarta Timur).

Nisa, Harum Amalun, Naili Farida, Reni Shinta Dewi. 2013. Pengaruh Kepercayaan Merek, Switching Cost, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen. Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, Hal. 1 –8.

Priana, H (2012) yang berjudul “Analisis Tingkat Loyalitas Merek Benih Jagung Hibrida Merek DK979 di Desa Trayang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk”.

Purwati dan Kurniawati (2009) yang berjudul “Analisis Keputusan Pembelian dan Tingkatan Loyalitas Merek Nasional dan Merek Toko”.

Rangkuty, Freddy, 2002. The Power of Brands Teknik : Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek, Jakarta : Gramedia.

Simamora. 2000. Manajeman Pemasaran Internasional Jilid II. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono . 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.