PENINGKATAN NILAI PERUSAHAAN BERBASIS TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL (Studi Pada Saham LQ 45 Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Dwi Cahyono, Nurul Qomariah

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of capital structure and corporate social responsibility towards the value of intellectual capital as a company with LQ 45 stocks listed in Indonesia Stock Exchange. Variables used are endogenous and exogenous variables.Endogenous variables consist of the variable value of the company. Exogenous variables consist of variables corporate social responsibility and the company's capital structure.  The study population is all companies with shares listed in LQ 45 Indonesian Stock Exchange. Data analysis method used is multiple linear regression analysis, with the help of SPSS software. The results showed that capital structure significantly influence the value of the company. Corporate Social Responsibility significant effect on the value of the company.

References


Agustine, Ira. 2014.”Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan”. FINESTA Vol. 2, No. 1, (2014) 42-47.

Arviansyah,Yandri. 2013. “Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di JII Periode 2008 - 2011 )”. Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan.UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Brigham, EF and LC Gapenski. 2006. Fundamental Of Financial Management. Jakarta: Salemba Empat.

Cecilia, Syahrul Rambe, dan M. Zainul Bahri Torong. 2015.” Analisis Pengaruh Corporate ocial Responsibility, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Go Public di Indonesia, Malaysia, dan Singapura”. Simposium Nasional Akuntansi 18 Universitas Sumatera Utara, Medan 16-19 September

Dahlia dan Veronica. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2005 dan 2006). ). Jurnal FE UNS.Semarang.

Daud, Rulfah M dan Abrar Amri. 2008. “Pengaruh Intellectual Capital Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia)”. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi Vol. 1, No. 2. Juli. Hal.213-231.

Fau, Nia Rositawati. 2015.” Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan Program Studi ManajemenJurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modeling. Metode Alternative Dengan Partial Least Squares. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayah, Nur . 2015.” Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar di BEI”. Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta 2015.

Husnan, Suad. 2000. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan Keputusan Jangka Pendek. Badan Penerbit UGM : Yogyakarta.

Indriantoro, N., dan B. Supomo, 2002. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : BPFE

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate Sosial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal FE UNS.Semarang.

Ramadhani, Laras Surya dan Basuki Hadiprajitno .2012.” Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI”. Jurnal Akuntansi & Auditing 187 Volume 8/No. 2/ Mei 2012: 95-189

Safrida, Eli.2008.” Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI”, Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan Program PascasarjanaUniversitas Sumatera Utara.

Santika dan Kusuma Ratnawati. 2002. Pengaruh Struktur Modal, Faktor Internal, dan Faktor Eksternal terhadap Nilai Perusahaan Industri yang Masuk Bursa Efek Jakartaî. Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 10 Desember.

Sugiyono.2013. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.Bandung

Ulfah, Suci Luthfia. 2014.” Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Modal Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di BEI 2008-2012)”. Laporan Penelitian Tidak Dipublikasikan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.