PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEBUAH RITEL DI DESA BALUNG LOR BALUNG-JEMBER

Fefi Fatimah

Sari


Di Desa Balung Lor Kecamatan Balung saat ini banyak ritel bermunculan sehingga persaingan semakin ketat. Melihat fenomena seperti itu, maka perlu diteliti variabel apakah yang jadi penyebab keputusan pembelian pada sebuah  ritel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel product, price, promotion, dan place berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian pada sebuah ritel. Berdasarkan dari hasil pembahasan yang menggunakan program SPSS versi 20.00 maka dapat diambil beberapa kesimpulan, Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa variabel product, price, promotion, dan place sebagai variabel bebas mempunyai pengaruh simultan terhadap keputusan berbelanja jadi hipotesis pertama diterima. Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat perbandingan antara F hitung dengan F tabel yaitu F hitung lebih besar dari pada F tabel (4,798 > 2,56) sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa seluruh variabel bebas secara serentak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Selain itu juga diketahui bahwa tingkat signifikasi F hitung sebesar 0,003 sehingga nilai tersebut masih dibawah nilai alpha = 0,05. Dari pernyatan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh simultan terhadap variabel terikat. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa product (X1) adalah variabel yang paling berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian terbukti. Pelaku bisnis ritel sebaiknya dalam mendirikan bisnisnya mematuhi aturan yang telah dibuat oleh pemerintah (PP No. 112/2007 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat pembelanjaan dan toko modern). Dimana sekarang banyak dijumpai banyaknya pendirian ritel modern di dekat pasar tradisional dimana itu melanggar peraturan yang sudah ada. Pematuhan aturan ini perlu untuk mendukung perekonomian makro/wilayah secara adil dan seimbang dengan pelaku usaha ritel yang lain.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatimah, Feti. 2015. Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Bagi Ritel Tradisional agar Mampu Bersaing dengan Ritel Modern. Jurnal Manajemen dan bisnis Indonesia, Volume 1, Nomer 2. Jember.

Fatimah, Feti. 2016. Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Keputusan Belanja Pada Sebuah Ritel Di Desa Balung Lor Balung-Jember. Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Organisasi (EKTASI), Volume 20, Nomer 1. Jember.

Harinaldi. 2005. Prisip-Prinsip Statistik, Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Terjemahan. Jakarta:PT Prenhalindo.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Ekonomi. Jakarta.

Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu 2002.Perilaku Konsumen.(Terjemahan) jlid dan II. Edisi Ke Lima.Jakarta.Penerbit Erlangga.

Mowen, John C and Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. (Terjemahan) Jilid I dan II. Edisi Ke Lima. Jakarta. Penerbit Erlangga.

PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 112 TAHUN 2007 TENTANG PENATAAN DAN PEMBINAAN PASAR TRADISIONAL , PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO MODERN

Simamora, Bilson. 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga, Penerbit Erlangga, Jakarta

Sugiyono, Dr. Prof. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Penerbit Alfabeta.

Sujana, Asep ST. 2004.Paradigma Baru Dalam Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Zainuddin, M.drs dan MP, Masyuri, Dr, Ir,2008, Metodolgi Penelitian pendekatanj Praktisdan aplikatif. Bandung:PT Retika Aditama


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.