STUDI PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN PELUANG PERTUMBUHAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI INDONESIA

Suwarno Suwarno, Ade Puspito, Nurul Qomariyah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan peluang pertumbuhan terhadap  nilai perusahaan  pada perusahaan  telekomunikasi yang  terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang digunakan adalah variabel endogen dan variabel eksogen.  Variabel endogennya  yaitu variabel nilai perusahaan. Variabel eksogennya adalah variabel profitabilitas, ukuran perusahaan dan peluang pertumbuhan.adalah struktur modal.  Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan telekomunikasi   yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah  analisis regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas  dapat meningkatkan nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan dan peluang pertumbuhan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brigham, EF and LC Gapenski. 2006. “Fundamental of Financial Management”. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2006. “Structural equation modeling. Metode alternative dengan Partial Least Squares. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haruman, Tendy. 2008. “Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan (Survei pada Perusahaan Manufaktur di PT. Bursa Efek Indonesia)”. Simposium Nasional Akuntansi XI.Pontianak.

Husnan, Suad. 2005. “Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan Keputusan Jangka Pendek”. Badan Penerbit UGM : Yogyakarta.

Hadianto, Bram. 2007. “Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Emiten Sektor Telekomunikasi Periode 2000-2006:Sebuah Pengujian Hipotesis Pecking Order”. Laporan Penelitian. Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Hermuningsih, Sri. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sruktur Modal Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Siasat Bisnis.Vol. 16.No.02. Juli 2012. Hal. 232-242

Imelda Wijayadi. 2011. “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Divident Pay Out Ratio Terhadap Expected Earning Perusahaan Manuaktur Yang Go Publik di BE”I. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1) hal. 140-152.

Indrajaya, Glenn, Herlina dan Rini Setiadi. 2011. “Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal: Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007” . Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi . Nomor 06 Tahun ke-2 SeptemberDesember 2011.

Indriantoro, N., dan B. Supomo, 2002. “Metodologi Penelitian”. Yogyakarta : BPFE.

Kusumajaya, Dewa Kadek Oka. 2011. “Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar.

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate Sosial Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia). Jurnal FE UNS.Semarang.

Martini, Ni Nyoman Putu. 2013. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Manufaktur Di Indonesia”. Laporan Peneltian.Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang.

Qomariah, Nurul. 2015. “The Effect Of Corporate Social Responsibility, Size And Profitability Toward On The Value Of Corporate (Studies in Manufacturing Companies Listed in Indonesia Stock Exchange)”. IOSR Journal Of Management and Bussiness. Februari 2015.

Santika dan Kusuma Ratnawati. 2002” Pengaruh Struktur Modal, Faktor Internal, dan Faktor Eksternal terhadap Nilai Perusahaan Industri yang Masuk Bursa Efek Jakarta”. Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 10 Desember 2002.

Safrida, Eli.2008.” Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI”, , Tesis, Universitas Sumatera Utara Medan.

Sumani. 2012.” Analisis Struktur Modal Dan Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Emas.Vol. 6.No. 1.

Sujoko dan Ugy Soebiantoro. 2007. “Pengaruh Struktur Kepemilikan saham, Leverage, Faktor intern, dan extern terhadap nilai perusahaan”. Jurnal Ekonomi Manajemen. Fakultas Ekonomi, Universitas Petra.

Sriwardany. 2006. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijaksanaan Struktur Modal dan Dampaknya Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur”. Thesis. (online), (www.google.com).

Rambe, Muis Fauzi. 2013.” Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Indonesia”. Jurnal Manajemen & Bisnis. Vol. 13 No. 01 April 2013 ISSN 1693-7619.

Wiranata, Yulius Ardy dan Yeterina Widi Nugrahanti. 2013.” Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur di Indonesia”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No. 1, Mei 2013, 15-26.

Yulianti, Astri. 2012.” Pengaruh Struktur Modal, Tipe Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Dengan Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2008-2010)”. Laporan Penelitian . Fakultas Syari’ah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.