ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PADA KONDISI KETIDAKPASTIAN (Studi Kasus Pada CV. ERA GLOBALZ MANDIRI)

Achmad Hasan Hafidzi

Sari


Penelitian ini berjudul “Analisis Fisibilitas Investasi CV. Era Globalz Mandiri Jember Pada Kondisi Ketidakpastian”. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menganalisis fisibilitas investasi pada CV Era Globalz Mandiri melalui Metode NPV, Metode Discounted Payback Period, MIRR, B/C Ratio dan Simulasi Monte Carlo. Tujuan utama penelitian ini adalah memberikan rekomendasi keputusan investasi yang dilakukan CV. Era Globalz Mandiri. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder, data primer adalah data perencanaan investasi, data estimasi cash flow pada periode yang akan datang, sedangkan data sekunder adalah data keuangan yang meliputi buku produksi, buku penjualan dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini tidak dibutuhkan sampel, karena jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode analisis yang digunakan adalah (1) NPV, (2) MIRR, (3) Discounted Payback Period, (4) PI, (5) simulasi Monte Carlo, mengingat analisis ini dilakukan dengan asumsi bahwa proyek perluasan dievaluasi pada horizon perencanaan yang tidak terbatas sampai umur ekonomisnya saja. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa Investasi ini fisibel (layak) dilakukan karena memenuhi kriteria fisibilitas investasi yang ditetapkan (NPV, MIRR, Discounted Payback Period dan PI). Selanjutnya, untuk fisibilitas investasi pada kondisi ketidakpastian dilakukan simulasi Monte Carlo sebanyak 150 kali dengan tiga (3) kriteria kondisi (kondisi pesimis, kondisi normal dan kondisi optimis). Hasil simulasi Monte Carlo menunjukkan bahwa probabilitas tercapainya NPV∞ untuk investasi berupa rencana perluasan usaha sebesar 75,17%. Dari sudut pandang manajemen perusahaan, investasi berupa rencana perluasan usaha cukup menarik karena NPV∞ yang didapat adalah positif dan peluang untuk tercapainya NPV∞ cukup besar.

Referensi


Afandi dan Didin Mukodim. 2009. Analisis studi Kelayakan Investasi Pengembangan Usaha PT. Aneka Andalan Karya, Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil), Universitas Gunadarma Depok, Volume 3, ISSN: 1885-2559.

Atmaja, Lukas Setia. 2008. Teori Dan Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Budiman Chandra. 2012. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Penerbit Buku Kedokteran EGC. http://www.artikellingkunganhidup.com/manfaatair-bagi-kehidupan-manusia.html [11 Mei 2012]

Brealey R. A., Myers S. C. dan Marcus A. J. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi kelima jilid 1, Terjemahan oleh Yelvi Andri Zaimur, Jakarta, Erlangga.

Carmichael, David. 2011. An Alternative Approach to Capital Investment Appraisal, Working Paper The Engineering Economist, School of Civil and Environmental Engineering, The University of New South Wales.

Djohanputro, Bramantyo. 2008. Manajemen Keuangan Korporat. Jakarta, PT. Mitra Kesjaya.

Djumino, Nurman Amin dan Harahap Erwin. 2009. Analisis Kelayakan Investasi Ditinjau Dari Aspek Penganggaran Modal Pada PT. Masterwood Indonesia, Journal Of Communication Education IP Vol. 3 No. 1:118132.

Fahmi, Irham. 2014. Studi Kelayakan Bisnis Dan Keputusan Investasi. Jakarta. Penerbit Mitra Wacana Media.

Francis, C. 1996. Readings In Investment, New York, John Wiley & Sons.

G. Sugiyarso dan F. Winarni. 2005. Manajemen Keuangan. Yogyakarta, Media Presindo.

Hyari, Khalied dan Kandil, Amr. 2009. Validity of Feasibility Studies for Infrastructure Construction Projects, Jordan Journal of Civil Engineering, Volume 3, No. 1:66-77.

Richardson J.W., Herbst B.K., Outlaw J.L. and Gill R.C. 2007. Including Risk in Economic Feasibility Analyses: The Case of Ethanol Production in Texas, Journal of Agribusiness Vol.25 No.2, 115-132

Keown A. J., Martin J. D., Petty J. W., Scott D. F.. 2011. Manajemen Keuangan: Prinsip dan Penerapan. Edisi Kesepuluh, Jilid 1, Terjemahan oleh Marcus Prihminto Widodo, Jakarta, Penerbit Indeks.

Lukviarman, Niki. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Padang, Andalas University Press.

Poerwani, 2006. Analisis Fisibilitas Rencana Perluasan Kapasitas Usaha UD Pancoran Mas Bondowoso pada Kondisi Ketidakpastian Dengan Pendekatan Simulasi NPV∞, Tesis Program Magister Pasca Sarjana Universitas Jember.

Sjahrial, Demawan, 2007, Manajemen Keuangan, Edisi pertama, Jakarta: Mitra Wacana Media

Subagyo Ahmad. 2007. Studi Kelayakan; Teori Dan Aplikasi, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.