ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN JAMAAH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI MIFTAHUL ULUM LUMAJANG

Chosim C

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen atas pelayanan yang diberikan oleh Kelompok Bimbingn Ibadah Haji Miftahul Ulum Lumjang. Metode yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan adalah yang diukur 5 dimensi kualitas layanan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanya 64 responden, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data skunder. Metode untuk menganalisis data menggunakan analisis kualitatif, uji validitas, uji reliabilitas, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importaint Performance Analysis (IPA) yang akan dimasukkan kedalam diagram kartesius untuk mengetahui tingkat kinerja dan kepentingan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang merupakan jamaah bimbingan KBIH Miftahul Ulum Lumajang merasa sangat puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Hal ini terlihat dari hasil pengukuran mengunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 83,62% pelayanan dapat dikatakan excellen (sangat puas). Namun untuk pengolahan data menggunakan metode Iportaint Performance Analysis (IPA) diperoleh 1 atribut yang berada dalam kuadaran I, yang artinya atribut pelayanana tersebut harus diperbaiki kinerjanya agar kualitas layanan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Miftahul Ulum Lumajang semakin membaik kedepannya.


Keywords


Kualitas Layanan, Customer Satisfaction Index (CSI), Important Performance Analysis (IPA)

Full Text:

PDF

References


Dimyati mohamad, konsep inti dan elemen pemasaran. Mojokerto: insan global, 2012.

Dwiwinarsih rina, “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelyanan Bakmi Aisy Depok”, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, 2009.

Haryono budi, How To Win Costomer Through Costomer Service With Heart. Yogyakarta: Andi. 2016.

Hazizah zul, dkk, “Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa RSUD DR. Rasidin Padang”, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, universitas andalas, padang. 2018.

Irawan Handi, “Indonesian Customer Satisfaction Index: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA”, Jakarta: PT Alex Media Komputindo, 2004.

Jaya fitra, “Analisis Tingkat Kepuasan Jemaah Haji Kota Medan Terhadap Pelayanan Haji”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara.

Kotler Philip. “Maketing Management”, edisi melenium. New jersey: Prentice Hall Intl, 2000.

Maholtra Naresh, “Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan Jilid 1”, Jakarta: PT. Indeks, 2005. Manap Abdul. “Revolusi Manajemen Pemasaran”,jakarta: mitra wacana media, 2016.

Pambudi nur faishal, dkk, “analisis service recovery layanan indihome triple play kota bandung menggunakan metode customer satisfaction index (CSI) dan importance performance analisis (IPA)”, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Telkom, 2017.

Rangkuti freddy, “Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan Iso 9001”. Jakarta: Gramedia, 2013.

Umar, husein, Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.