KOMPARASI EKUITAS MEREK INDOMIE DAN MIE SEDAAP

Ulvatul Hasanah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaaan brand equity beserta elemen-elemennya antara produk mie instan merek Indomie dan Mie Sedaap. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda mean dengan sampel berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan ekuitas merek antara mie instan indomie dan mie sedaap. Dari empat dimensi ekuitas merek, hanya satu yang berbeda, yaitu brand perceived quality. Oleh karena itu, ke depan mie instan merek Indomie harus lebih fokus kepada peningkatan kualitas produknya dengan cara inovasi dalam varian rasa, kualitas bahan, dan mutu keseluruhan sehingga mampu selalu berada pada posisi top brand bersama merek Mie Sedaap.

 


Keywords


Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Merek, Loyalitas Merek.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Penerbit Mitra Utama. [2] Kartajaya,Hermawan. 2010. Brand Operation. Jakarta : Esensi Erlangga Group.

Peter, Paul dan Jerry C. Olson (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy, Ninth Edition.

New York: McGraw Hill.

Putra,Pramana M. dan Aksari, Ni Made, A, 2018. Analisis Perbandingan Brand Equity Produk Indocafe dengan Good Day Di Kota Denpasar. JMU, Vol.7, No.9, 5080-5107.

Priyatno Duwi, 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Bandung: CV. ANDI OFFSET.

Quarles, R. C. 2009. A Conceptual and Measurement Model for Brand Equity Research.

Rangkuti, F. 2002. Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rizky Aditya dan Pantawis Setyo. 2011. Pengaruh Citra dan Sikap Merek Terhadap Ekuitas Merek (Studi pada Pasar Handphone Nokia di Kota Semarang) Jurnal Dinamika Ekonomi Vol.

, No.2, pp 1-16.

Rangkuti, F. 2009. Mengukur Efektifitas Program Promosi & Analisis Kasus Menggunakan spss, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, Y. & Resdianto, R. 2007. Brand sebagai Kekuatan Perusahaan dalam Persaingan

Global. Business and Management Journal Bunda Mulia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.