PENGARUH AKUNTABILITAS, INDEPENDENSI AUDITOR, KOMPETENSI, DUE PROFESSIONAL CARE, OBJEKTIVITAS, ETIKA PROFESI DAN INTEGRITAS AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT

Shela Yoanita, Farida F

Abstract


kompetensi, due profesiona care, obyektivitas, etika profesional dan integritas auditor terhadap kualitas audit. Penelitian ini menggunakan teori keagenan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Teknik penyampelan dilakukan dengan purposive sampling. Kuesioner ini dibagikan kepada 72 responden, kuesioner kembali sebanyak 59 dan kuesioner yang dapat diproses sesuai dengan kriteria sebanyak 56. Hasil menunjukkan bahwa independensi auditor, kompetensi, objektivitas dan integritas auditor berpengaruh pada mutu audit. Semakin tinggi independensi auditor, kompetensi, objektivitas dan integritas auditor yang dimiliki oleh auditor, semakin tinggi kualitas audit yang dihasilkan. Sementara akuntabilitas, kehati-hatian profesional dan etika profesional tidak berpengaruh pada kualitas audit. Ketidakkonsistensi ini karena kurangnya tanggung jawab kepada publik karena layanan auditor dianggap tidak memberikan kontribusi yang besar, masih terdapat auditor yang tidak dipegang teguh pada profesi auditor, dan kurangnya perilaku auditor secara profesional.

Keywords


Pertanggungjawaban, independensi Auditor, kompetensi, due professional care, obyektivitas, etika profesional, integritas Auditor dan kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Aditya,I. 2017. Auditor_Hitam. (http://www.krjogja.c om), diakses 2 Juni 2017).

Alim, M. N., Hapsari, T., dan Purwanti, L. 2007. Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi. SNA X Makassar. (http://journal.uii.ac.id), diakses 20 April 2014).

Aprianti, D. 2010. Pengaruh Independensi, Obyektivitas, Pengalaman Kerja, Pengetahuan, dan Integritas Terhadap Kualitas Hasil Audit. Jurnal Akuntansi, 51.

Arens, A. A. 2004. Auditing and Assurance Service :An Integrated Approach. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Arens, A. A. 2011. Jasa Audit dan Assurance, Pendekatan Terpadu. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badjuri, A. 2011. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kualitas Audit Auditor Independen Pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jawa Tengah. Dinamika Keuangan dan Perbankan. Volume 3(2); 183-197.

Bawono, E. M. 2010. Pengaruh Kompetensi, Pengalaman, Due Professional Care dan Akuntabilitas pada Kualitas Audit (Studi pada Auditor di KAP “Big Four” di Indonesia). Simposium Nasional akuntansi XIII. Purwokerto.

Budiartha, J. d. 2015. Pengaruh Independensi, Pengalaman Kerja, Due Professional Care Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi. Bali: Universitas Udayana.

Burhanudin, M. A. 2017. Pengaruh Akuntabilitas Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik Di Yogyakarta. Jurnal Profita, Edisi 6.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23, cetakan VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Halim, A. 2008. Auditing 1 (Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan). Edisi Keempat. Yogyakarta: UPPAMP YKPN, 29.

IAI. 2011. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Kharismatuti, N. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Independensi Auditor: Persepsi Manajer Keuangan Perusahaan Manufaktur di Jawa Tengah. Tesis. Semarang: Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

Lastanti, H. S. 2005. Tinjauan Terhadap Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi Vol.5 No.1 .

Mayangsari, S. (2003). Pengaruh Keahlian dan Independensi Terhadap Pendapat Audit. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol.6 No.1.

Moizer. (1986). Pengukuran Kualitas Audit. Jakarta: Salemba Empat.

Mustikawati, D. (2013). Pengaruh Etika Profesional, Akuntabilitas, Kompetensi dan Due Professional Care terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

. 2007. Peraturan Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2007 tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara. Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan RI.

Pradana, D. K. 2015. Pengaruh Objektivitas, Pengalaman Kerja, dan Integritas Terhadap Kualitas Audit. Jom FEKON. Vol. 2; 2).

Rosnidah, I. R. 2010. Analisis Dampak Motivasi Dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat Dalam Pengawasan Keuangan Daerah: Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten Cirebon. Jurnal Akuntansi. Bandung.

Sopiah, S. d. 2010. Metodologi Penelitian- Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Edisi kesatu. Yogyakarta: Andi Offset, 188.

Suhardjo, F. I. 2012. Pengaruh Akuntabilitas Dan Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit: Studi Empiris Pada KAP di Semarang. Jurnal Akuntansi. Vol. 1 No. 1 Hal 46.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Supranto, M. A. 1997. Metode Riset, Aplikasinya Dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 115.

Suyanti, T. 2016. Pengaruh Profesionalisme, Pengalaman, Akuntabilitas dan Objektivitas Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akunansi. Malang: Universitas jKanjuruhan.

Syahmina, F. 2016. Pengaruh Pengalaman, Etik Profesi, Objektifitas dan Time Deadline Pressure Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Syaifullah, M. 2014. Korupsi-Dana-Hibah- Persiba-Bantul. (http://jogja.tribunnews.com/), diakses 13 Januari 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.