ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN PADA UMKM PEREMPUAN BIDANG FASHION DI UNIT PASAR KENCONG BARU

Mitha Sari

Abstract


Saat ini perempuan telah menjadi peran penting dalam bisnis dan rumah tangga, keterlibatan perempuan dalam bidang kewirausahaan telah meningkat sebesar 58%. Dengan ini, perempuan semakin memiliki peran penting dalam meningkatkan ekonomi negara melalui sektor UMKM. Pemahaman literasi keuangan sangat diperlukan bagi bisnis termasuk UMKM untuk memiliki kemampuan untuk melaksanakan perencanaan keuangan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan berdasarkan pengetahuan keuangan, keterampilan keuangan, perilaku keuangan, kinerja keuangan dan sikap keuangan terhadap literasi keuangan pada UMKM perempuan di unit pasar Kencong yang baru. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari kuesioner, wawancara, dan studi literatur menggunakan sampel 140 responden dari 216 populasi pada UMKM perempuan di unit pasar Kencong yang baru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan berada pada 69% dan termasuk dalam kategori sedang. Keterampilan keuangan memiliki persentase 67% dan termasuk dalam kategori sedang. Perilaku keuangan memiliki persentase 61% yang termasuk dalam kategori sedang. Kinerja keuangan memiliki persentase 60% dan termasuk dalam kategori sedang dan sikap keuangan berada pada posisi 74% yang termasuk dalam kategori sedang.


Keywords


Literasi Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Keterampilan Keuangan, Perilaku Keuangan, Kinerja Keuangan, Sikap Keuangan

Full Text:

PDF

References


Aribawa, Dwitya. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM Di Jawa Tengah. Siasat Bisnis, Vol. 20 No. 1, Januari 2016, Hal 1-13.

Chen, H & Volpe, RP. 1998. Analysis of Personal Financial Literacy among College Students. Financial Services Review, 7 (2), 107 – 128.

Kartawinata, Budi Rustandi., dan Mubaraq, Muhammad Ikhwan. 2018. Pengaruh Kompentensi Keuangan Terhadap Literasi Keuangan Bagi Wanita Di Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, ISSN Online:2549-2284, Volume II Nomer 2, Juli 2018.

Kholilah,Naila Al., dan Iramani. 2013. Studi Financial Management Behaviour Pada Masyarakat Surabaya. Journal of Business and Banking. Volume 2, No. 1, May 2013.

Otoritas Jasa Keuangan 2017. Survey Nasional Literasi dan Inklusi Nasional 2016. PERDA Kabupaten Jember No. 9 tahun 2016 tentang Perlindungan Pasar Rakyat dan Penataan Pusat Pembelanjaan Serta Toko Swalayan. Di akses melalui https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/30570. Tanggal 29 Oktober 2018 Pukul 20:35 WIB.

Permana, Deni. 2017. Pengaruh Financial Attitude dan Financial Knowledge Terhadap Financial Management Behaviour pda Debitur Kredit Usaha Rakyat di Bank Indonesia Kantor Cabang Lubuk Pakam Unit Kayu Besar. Jurnal Vokasi Indonesia. Volume 4, Nomor 1, Januari – Juni 2017.

Wiharno, Herma. 2018. Pengaruh Financial Knowledge, Financial Behaviour, dan Financial Attitude Terhadao Personal Financial Management. JRKA Volume 4 Isue 1, Februari 2018:64-76


Refbacks

  • There are currently no refbacks.