ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA CV PP LUMAJANG

Yusrin Maisaroh, Muhammad Rijalus Sholihin, Sarah Farhana

Abstract


CV. PP Lumajang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor makanan ringan dan minuman untuk daerah Lumajang dan sekitarnya. manajemen melakukan pengendalian persediaan mulai dari proses pembelian, penerimaan, penyimpanan, sampai dengan barang dikeluarkan kembali. Namun karena sistem pengendalian tidak tertulis dan terstruktur dengan baik, maka hal tersebut memberi celah untuk melakukan kecurangan. Peneliti bermaksud untuk menganalisa penerapan pengendalian internal persediaan barang dagang pada CV. PP Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena dengan metode kualitatif dapat diperoleh data yang bersifat proses kerja, perkembangan suatu kegiatan, deskripsi yang luas dan mendalam, etos kerja dan budaya yang dianut dalam lingkungan kerja, sehinggan tujuan penelitian dapat dicapai. Penerapan sistem pengendalian internal persediaan pada CV. PP Lumajang secara keseluruhan dapat dikategorikan sudah efektif karena telah memenuhi komponen-komponen pengendalian internal. Adanya pemisahan tugas antara bagian pembelian dan penerimaan barang, bagian penjualan dan pengiriman barang. Namun terdapat juga kelemahan pengendalian internal yang mayoritas disebabkan oleh kelalaian dari beberapa karyawan, seperti kesalahan entry data pembelian maupun penjualan, kesalahan pengiriman barang dan sebagainya. Untuk meminimalisir terjadinya kecurangan ataupun kesalahan  maka dapat dilakukan stock opname secara rutin untuk mengetahui apakah terjadi selisih antara data persediaan dengan jumlah fisik persediaan. Manajer dapat memberikan pemahaman kepada karyawan untuk lebih bertanggung jawab pada apa yang sudah menjadi tugas masing-masing bagian.

Keywords


Perusahaan Dagang, Pengendalian Internal, Barang Dagang

Full Text:

PDF

References


rdana, I. C., Lukman, Hendro. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ferani, A. N., 2013. Metode Akuntansi Persediaan Barang. Keuangan LSM. Diperoleh pada 3 Januari 2019. Dari http://keuanganlsm.com/metode-akuntansi-persediaan-barang-bagian-22/.

Hadi, N. A., 2015. Analisis Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penggajian Karyawan Perusahaan Keripik Pisang UD. BURNOSARI Senduro Kabupaten Lumajang. Skripsi Tidak Dipublikasikan. STIE Widya Gama Lumajang.

Hall, James. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Herjanto, Eddy. 2007. Manajemen Operasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ilbatul, Z. F., (2017). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengendalian persediaan Barang Dagangan (Studi Kasus Pada UD. Pitoe Mode’s Desa Karangbendo). Skripsi Tidak Dipublikasikan. STIE Widya Gama Lumajang.

Jusup, Haryono. 1996. Dasar-dasar Akuntansi Jilid 2. Yogyakarta: Liberty.

Kudo. (2018, 15 Februari). Menariknya Perkembangan Bisnis di Indonesia. Diperoleh pada 21November 2018. Dari https://kudo.co.id/blog/perkembangan-bisnis-di-indonesia.

Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nainggolan, Pahala. 2005. Akuntansi Keuangan Yayasan dan Lembaga Nirlaba Sejenis, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Owusu et all. (2002). An Empirical Analysis of the Likelihood of Detecting Fraudin New Zealand. Managerial Auditing Journal, 17 (4), 192-204.

Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan (Aplikasi diBidang Bisnis). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawan, A. M., 2016. Analisis Perlakuan Akuntansi Persediaan Obat-obatan Pada RSUD Kota Bekasi. Skripsi Tidak Dipublikasikan. STIE Widya Gama Lumajang.

Sucipto, Toto. Moelyadi. Sumardi. (2011). Siklus Akuntansi Perusahaan Jasadan Perusahaan Dagang. Yudhistira.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tim Harapan Baru. Modul A-09 Mengelola Kartu Persediaan untuk SMK. Karanganyar: Harapan Baru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.