PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SEBELUM DAN SESUDAH KENAIKAN UPAH KARYAWAN PADA UD. MUTIARA RASA JEMBER

Lintang Mutlihatul Hickma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas tenaga kerja sebelum dan sesudah kenaikan upah karyawan. Objek penelitian ini adalah UD. Mutiara rasa jember yang memiliki jumlah populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi dengan jumlah pengamatan terhadap data output dan input karyawan pada tahun 2016 dan tahun 2017 sehingga diperoleh sampel atau jumlah pengamatan sebanyak 336. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder dan studi pustaka dan alat analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan produktivitas tenaga kerja sebelum dan sesudah kenaikan upah karyawan  pada UD.Mutiara Rasa Jember. Hasil uji beda Related Comparatif T-Test diperoleh tingkat signifikansi 0,00 < dari 0,05 sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa kebijakan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan cara meningkatkan upah terbukti efektif.

Keywords


Upah Karyawan, Produktivitas Tenaga Kerja

Full Text:

PDF

References


Christy W, Alfabert. 2009. “Produktivitas Tenaga Kerja Sebelum dan Sesudah Volume Pada Kontrak Untuk Proyek Pembangunan Apartement X dan Hotel Y di Surabaya”, Jurnal Cendika. Hal 1-9.

Jubilee Enterprise. 2018. SPSS Komplet untuk Mahasiswa. PT Elex Media Komputindo. Yogyakarta.

Muchdarsyah Sinungan, Drs. 2014, Produktivitas Apa dan Bagaimana. Bumi Aksara. Jakarta.

Ony Diah Wulandari. 2008, “Perbedaan Produktivitas Sebelum dan Sesudah Dilakukan Perbaikan Intensitas Pencahayaan Pada Pekerja Bagian Linting Perusahaan Rokok Mulia Agung Pacitan”, Jurnal Cendika. hal 1-9.

Purwanto, Dwi Bagus. 2017. “Produktivitas Tenaga Kerja Sebelum dan Sesudah Volume Pada Kontrak di Pembangunan Proyek Rusun Surabaya”, Jurnal Cendika. Hal 1-8.

Rachman, Basuki dan Christiono Utomo. 2011. “Perbandingan Sistem Pemberian Upah Harian dengan Upah Borongan Terhadap Produktivitas Buruh Kontruksi Pada Kontraktor di Surabaya”, Jurnal Cendika. Volume ISBN: 978-602-97491-2-0. hal 1-11.

Sugiyono, Dr.Prof. 2002. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Ikatan Penerbit Indonesia.Alfabeta

Simon A.Burtonshaw-Gunn. 2011. Alat dan Teknik Analisis Manajemen:Alat, Model, dan Catatan bagi Para Manajer dan Konsultan. PT Indeks.

Suhendi,S.Sos,. M.M dan Indra Sasangka, S.E., M.M. 2014. Pengantar Bisnis.Alfabeta.Bandung

Sumarsono Sonny. 2009. Teori dan Kebijakan Publik Ekonomi Sumber Daya Manusia, edisi pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta

T.Hani Handoko. 2008, “Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, edisi keenambelas.BPFE.Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.