TELAAH KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN PENDEKATAN SHARIA MAQASHID INDEX DI INDONESIA

Riska Aditia Rosanti

Abstract


Kinerja keuangan perbankan syariah selama ini banyak diteliti menggunakan rasio-rasio konvensional. Padahal untuk menilai kinerja perbankan syariah tidak dapat disamakan dengan perbankan konvensional, karena keduanya memiliki tujuan dan pandangan yang berbeda, maka sangat penting suatu perbankan syariah diukur kinerjanya dengan alat ukur yang sesuai dengan oprasionalnya berdasarkan prinsip syariah.  Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan di Indonesia dengan pendekatan Sharia Maqashid Index tahun 2015-2017. Sampel yang digunakan Sembilan bank umum syariah, dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan (annual report) yang diunduh dari website bank umum syariah yang bersangkutan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaf Simpel Additive Weighting (SAW) atau metode penjumlahan terbobot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Maybank Syariah Indonesia memiliki skor Sharia Maqashid Index (SMI) tertinggi sebesar 1,6245 dibanding kedelapan bank umum syariah lainnya.


Keywords


kinerja keuangan, perbankan syariah, Sharia Maqashid Index (SMI), Simpel Additive Weighting (SAW)

Full Text:

PDF

References


Afrinaldi. Tanpa tahun. Analisis Kinerja Perbankan Syariah Indonesia Ditinjau dari Maqashid Syariah: Pendekatan Syariah Maqashid Index (SMI) dan Profitabilitas Bank Syariah. Tidak Dipublikasikan. Paper. Jakarta: Islamic Economic and Finance (IEF) UniversitasTrisakti.

Antonio, Muhammad Syafi.2001. Bank Syariah: dari Teori dan Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Antonio, Sanrego, dan Taufiq. 2012. An Analysis of Islamic Banking Performance: Maqashid Index Implementation in Indonesia and Jordania. Journal of Islamic Finance, Vol.1(1): 12-29

Evi Mutia. 2017. Pendekatan Maqashid Shariah Index Sebagai Pengukuran Kinerja Perbankan Syariah di Asia Tenggara. Jurnal akuntasi dan kkeuangan Indonesia vol 14 no 2.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Hameed, et al. 2004. Alternative Disclausure and Performance Measure of Islamic Banks Performance and Maqashid Al-Shariah. Makalah disampaikan pada 2nd International Conference on Administrative Sciences di King University of Petrolium and Minerals. Arab Saudi 19-21 April 2004.

Ismail. 2010. Perbankan Syariah. Jakarta: Prenada media Group.

[Mohammed, Dzuljastri dan Taib. 2008. The Performance of Islamic Banking Based on The Maqashid Frammework. Makalah disampaikan pada IIUM International Accounting Conference (INTAC IV.Putra Jaya Marroit Malaysia.25 Juni 2015.

Muhammad Al Ghifari, Luqman Hakim Handoko dan Endang Ahmad Yani. 2015. Analisis Kinerja Perbankan syariah di Indonesia dan Malaysia dengan Pendekatan Maqashid Indeks. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol.3(2): 47-66.

Nurul Fatma Hasan. 2017. Analisis Kinerja Perbankan Syariah (Implementasi Maqashid Al-Syyariah Index di PT BPRS Jabal Nur). Pada Anil Islam vol 10 no 1, juni 2017.

Oni Sahroni dan Adiwarman Karim.2015. Maqashid Bisnis dan Keuangan Islam. Jakarta: Rajawali press.

Putri Dwi Cahyani dan Restu Firda Utami. 2016. Analisis Kinerja Pada Bank Umum Syariah Devisa di Indonesia Ditinjau Dari Maqasid Syariah (Pendekatan Syariah Maqasid Index/SMI). Seminar Nasional & Call Paper-Riset Manajemen & Bisnis 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.