KOMPARASI OPINI PENONTON TELEVISI DALAM ACARA MUSIK BREAKOUT DI NET.TV DAN DAHSYAT DI RCTI DI UKM MUSIK “GUDANG PRODUCTION” UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Hery Cahyono, Jakfar Ovie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana opini mahasiswa UKM Musik “Gudang Production” Universitas Muhammadiyah Jember tentang lagu di acara Breakout NET.TV dan Dahsyat di RCTI serta opini mahasiswa UKM Musik “Gudang Production” Universitas Muhammadiyah Jember tentang informasi lagu di acara Breakout NET.TV dan Dahsyat di RCTI. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai komparasi opini penonton terhadap acara Breakout di NET.TV dan Dahsyat di RCTI, maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa acara Breakout lebih banyak diminati dan disukai oleh penonton dalam segi pemutaran lagu dengan berbagai jenis genre musik, sehingga para penonton tidak bosan dengan acara tersebut yang di kemas secara variatif, serta acara Breakout lebih condong dalam penayangannya memutar lagu terbaru dari mancanegara dan Indonesia terbaru dalam segi penyampaian informasi lagu sangat mendetail serta bahan pembahasannya yang disampaikan oleh para pembawa acara sangat menarik, dan wawasannya mengenai lagu Indonesia maupun mancanegara cukup luas, sehingga membuat pemirsa betah untuk menontonya sampai acara selesai.

Kata kunci: Komparasi, Opini, Acara Musik

References


Ahmadi Rulam.2005. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif, Malang Universitas Negeri Malang

Badjuri, Adi, 2010. Jurnalistik Televisi, Yogyakarta; Graha ilmu

Effendy, Onong Uchjana, 1984, Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, Bandung; Remaja Rosdakarya

Hovland, Carl I. 2007. Communication, Bandung; Remaja Rosdakarya

Haerah, Kahar. 2013. Metode Penelitian Sosial, Jember. Universitas Muhammadiyah

Juhairiyah. 2013. Opini Publik, Jember, Universitas Muhammadiyah

Moleong J, Lexy. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyana Deddy. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurudin, 2009, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Rajawali Pers

Rahmat, Jalaluddin. 1991. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Singarimbun.1995. Metodologi Penelitian Survei. Jakarta: PT. Pustaka

Sunardjo, J.S. 1984. Opini Publik, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Sutopo. 1996. Metodologi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Werner J. Severin dan James W. Tankard, JR. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan Di Dalam Media Massa, Edisi ke.5, Jakarta: Kencana, 2005

www.ukmmusikgudangproduction.or.id

www.unmuhjember.ac.id

www.netmedia.co.id

www.rcti.tv

https://id.wikipedia.org/wiki/NET.

https://id.wikipedia.org/wiki/RCTI.