POLA KOMUNIKASI BUPATI JEMBER DENGAN ELEMEN MASYARAKAT

Suyono Suyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Bupati Jember Dengan Elemen Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bupati Faida membangun hubungan yang harmonis dan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat serta membangun komunikasi melalui media sosial. Sejauh ini, komunikasi yang dibangun Bupati Faida dengan segenap elemen masyarakat di seluruh pelosok Kabupaten Jember, mengindikasikan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan sambutan dan dukungan yang luar biasa, yang ditunjukkan warga masyarakat, setiap kali Bupati melakukan kegiatan di daerah-daerah. Bupati Faida, mampu berkomunikasi dengan menggunakan komunikasi konteks tinggi maupun komunikasi konteks rendah, sesuai dengan kebutuhan khayaknya. Bahkan, Bupati juga menerapkan pola komunikasi efektif dengan tipe karismatis dan populistis saat bersama masyarakat. Namun pada kesempatan lain, Bupati dr Faida, juga menerapkan komunikasi tipe administratif atau eksekutif saat bersama internal pemerintahan. Demikian pula ia akan menerapkan komunikasi tipe demokratis saat membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat. Dalam praktiknya, komunikasi yang dijalin Bupati, juga tidak sedikti yang mengalami kendala atau hambatan. Ada beberapa hambatan yang muncul, seperti hambatan yang bersifat non public atau tidak dapat diumumkan, yakni berkaitan dengan privasi dari Bupati, terkait dengan gender dan sebab lainnya.Beberapa hambatan lain, diantaranya hambatan teknis, hambatan manusiawi, hambatan yang bersifat geografis, hambatan alam, hambatan bersifat internal, hambatan bersifat budaya, serta hambatan politis.Untuk hambatan politis, Bupati harus mampu merubah pola dan gaya berkomunikasinya dengan para wakil rakyat yang duduk di parlemen. Karena selama menjabat Bupati Jember, tampaknya masih banyak program Bupati Faida yang tidak bisa berjalan mulus, karena kurangnya dukungan anggota dewan.Bagaimanapun juga, sebagai seorang pemimpin, Bupati dr Faida, harus mampu memecahkan berbagai hambatan yang ada dalam berkomunikasi, kalau ingin semua kegiatan dan program kerja yang telah dicanangkan Bupati dapat terlaksana dan mendapat dukungan dan partsipasi masyarakat.
Kata kunci: Pola, Komunikasi

References


Arni, Muhammad. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Cangara, H. Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta .PT Raja Grafindo Persada.

-------------------------.2006, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchana. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. PT.Citra Aditya Bakti

-------------------------------. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilanbelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

-------------------------------. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Kartono, Kartini Dr. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Perkasa.

Kriyantono, Rachmat.2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya

Morissan, 2013.Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mulyana , Deddy. 2010. Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

----------------. 2008. Human Communications. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Pamudji. 2009. Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Rakhmat, Jalaluddin.2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Reksohadiprojo, Handoko. 2003. Teori dan Perilaku Organisasi Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara

Rozali, Abdullah. 2005. Pelaksanaan Otonomi Luas Dengan Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.

Sedarmayanti.2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung.CV Mandar Maju.