Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda Dan Olahraga Dalam Upaya Mengembangkan Pariwisata Di Kabupaten Situbondo

suyono suyono, Faisal Adhim Bahriansyah Putra

Sari


Skripsi ini mengkaji tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga yang menarik untuk diteliti, karena pada saat ini Kabupaten Situbondo kaya akan keberagaman potensi wisata. Akan tetapi, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga belum mampu memaksimalkan peran penting dalam pengembangan objek wisata yang dimiliki. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran dan hambatan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga dalam upaya mengembangkan pariwisata di Kabupaten Situbondo. Penelitian dilakukan di lokasi Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran dan hambatan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga dalam upaya mengembangkan pariwisata di Kabupaten Situbondo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif paradigma kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu observasi pendahuluan, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata dengan melakukan tahapan pendataan/inventarisasi, perencanaan, dan pelaksanaan. Selanjutnya hambatan yang ditemukan dalam proses penyusunan strategi pemasaran adalah minimnya komunikator, pesan, dan media serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Karyono, H. 1997. Kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Moleong, L. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moriarty, Sandra. 2011. Adverising. Jakarta: Kencana.

Muljadi, A.J., 2010. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sendjaja, S. Djuarsa. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soekadijo, R.G. 1997. Anatomi Pariwisata. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sunarjo, Djoenaesih S. 1995. Himpunan Istilah Komunikasi. Yogyakarta : Liberty.

Suprapto, Tommy. Drs. M.S. 2011. Pengantar Ilmu komunikasi. Yogyakarta: CAPS.

Swastha, Basu dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Yoeti, Oka A. 1985. Pemasaran Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Yulianita, Neni. 2001. Komunikasi Pemasaran. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Dr. Soetomo.

Disparbudpora. 2013. Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah Disparbudpora Kabupaten Situbondo. Situbondo: Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

Fadhlulloh, Muhammad H. 2014. Strategi Dinas Kebudayan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Untuk Promosi Pariwisata Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. Skripsi Ilmu Komunikasi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

http://www.rumahkomunikasi.com [18 April 2015]

http://belajar-komunikasi.blogspot.com [Akses, 18 April 2015].

http://budpar.go.id./filedata/5436_1695-Rankingdevisa.pdf [Akses, 20 April 2015]

http://www.rumahkomunikasi.com/2014/10/strategi-komunikasi-pengertian dan.html [Akses, 20 April 2015]

http://belajar-komunikasi.blogspot.com/2011/02/psikologi-komunikator.html [Akses, 21 April 2015]

http://situbondokab.bps.go.id/ [Akses, 21 Juni 2015]

http://situbondokab.go.id/2015/01/home.html [Akses, 21 Juni 2015]

http://wisatamu.com/2014/11.html [Akses, 21 Juni 2015]

http://wisatasitubondo.com/2013/12/home.html [Akses, 21 Juni 2015]