PROMOSI EDUWISATA PUSAT PENELITIAN KOPI DAN KAKAO INDONESIA DI KABUPATEN JEMBER

Ari Susanti

Abstract


Penelitian ini berfokus pada promosi eduwiwata yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka). Eduwisata Coffee and Cacao Science Techno Park (CCSTP) ini diresmikan pada bulan Mei 2016 ini. Dalam kurun waktu 18 bulan telah banyak dikunjungi masyarakat dan menjadi objek wisata alternatif bagi masyarakat Jember dan sekitarnya. Pe neliti tertarik mengkaji komunikasi pemasaran terpadu yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dalam mempromosikan eduwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dimana peneliti menjabarkan berbagai alat promosi yang dikembangkan Puslitkoka. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara mendalam pada pengelola Eduwisata CCSTP Puslitkoka dengan teknik analisis data menggunakan triangulasi baik data, metode dan teori. Hasil penelitian adalah strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan CCSTP antara lain komunikasi personal (promosi dari mulut ke mulut), media sosial IWJ dan personal selling (melakukan presentasi ke sekolah-sekola, lembaga pemerintah dan perusahaan. Diantara tiga alat promosi ini yang paling efektif adalah komunikasi personal dimana pendekatan personal dalam lebih mempersuasi calon pengunjung secara optimal.

Kata kunci : Komunikasi Pemasaran Terpadu, Eduwisata, Puslitkoka

Full Text:

PDF

References


Aloweri, 2013, Komunikasi Serba Ada Serba Makna, KencanaPrenada Media Group, Jakarta

Brannan, Tom, 1999, Intergrated Marketing Communication, Penerbit Gramedia, Jakarta

Kotler, Philip, 2009, Manajemen Pemasaran, Indeks, Jakarta

Pawito, 2007, Penelitian Komunikasi Kualitatif, LKiS Pelangi Aksara, Yogyakarta

Purwanto, Djoko, 2002, Komunikasi Bisnis, Penerbit Erlangga, Jakarta

Rakhmat, Jalaludin, 2004, Psikologi Komunikasi, Rosda Karya, Bandung

Shimp, Terence A, 2014, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Penerbit Salemba empat, Jakarta

Umami, Zahrotul, 2015, Social Strategy pada Media Massa untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Interaksi Volume 4 Nomor 2 Juli 2015, Universitas Diponegoro, Semarang https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/9763

Yoeti, Oka A, 1990, Pengantar Ilmu Pariwisata, Penerbit Angkasa, Bandung

-----, 1990, Pemasaran Pariwisata, Penerbit Angkasa, Bandung

http://tc.iccri.net/ diunduh pada tanggal 19 November 2017




DOI: https://doi.org/10.32528/mdk.v1i2.1577

Copyright (c) 2018 MEDIAKOM



p ISSN: 2580-1899

e ISSN: 2656-5706