TRADISI KOMUNIKASI DI PONDOK PESANTREN TRADISIONAL DAN PONDOK PESANTREN MODERN

Sudahri Sudahri

Abstract


Tradisi Komunikasi di Pondok Pesantren memiliki keunikan tersendiri, ada dua jenis Pondok Pesantren, Di kabupaten Jember terdapat banyak Pondok Pesantren Tradisional maupun Modern, dan salah satu yang menjadi lokus dalam penelitian ini adalah Pondok Pesantren Tradisional Situbondo, yaitu pondok yang masih mempertahankan cara lama dalam pengelolaan lembaga dan kurikulum. Kemudian Pondok Pesantren Modern Modern, yaitu Pondok pesantren yang menganut pendidikan integral mulai dari pendidikan usia dini hingga sekolah menengah pertama, ponpes tersebut menampung beberapa anak asuh (santri) yang bermukim di dalam pondok. Penelitian ini memfokuskan pada perbedaan tradisi Komunikasi yang terjadi didua pondok pesantren (tradisional dan modern) dengan karater yang berbeda, kemudian mengetahui perbedaan cara berkomunikasi yang terbangun antara seorang kiai dengan ustadz, Ustadz dengan santri, santri dengan ustadz dan komunikasi santri dengan kiai. Adapun hasil dari penelitian ini adalah menemukan perbedaan sekaligus persamaan dari tradisi komunikasi antara pesantren tradisional dengan pesantren modern. Peneliti menggunakan Teori interaksi simbolik. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini disimpulkan, bahwa perbedaan tradisi antara pondok pesantren tradisional dengan modern sangat signifikan, terutama dalam hal kurikulum pembelajaran, metode dan juga sistem pendidikan yang dipakai.

Kata Kunci : Tradisi Komunikasi, Pondok Pesantren Tradisional dan Modern

Full Text:

PDF

References


Chistomy, Yuwono, Agung. 2004. Semiotika Tradisi. Depok : Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Tradisi Univesitas Indonesia.

Gunawan, Samuel .1999. Antropologi Tradisi Suatu Perspektif kontemporer. Jakarta : Erlangga.

Hardjana. 2003. Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal. Jakarta : Pt. Grasindo.

Keesing, M. Roger, 1985. Anthropology A Contemporary Perspective : Second Edition Australia National University. Melbourne .

Koenjtraningrat., 1986. Pengantar Ilmu Antropologi . Jakarta : Aksara Baru

Liliweri,Alo . 2001. Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Bandung : PT Citra Aditya Bhakti

Mulyana, Deddy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

______________ & Rahmat, J. 2005. Komunikasi Antar Tradisi: Panduan Komunikasi Dengan Orang-orang Berbeda Tradisi . Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy, J . 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif . Bandung : Remaja Rosydakarya.

Rahmat , J. ,2000. Metode Penelitian Komunikasi . Bandung : Rosydakarya.

______________.2005.Psikologi Komunikasi . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Samovar , A.Lrry, & Porter, E.Richard,& Jain , C.Nemi ,1981. Understanding Intercultural Communication . Belmount California : Bu Wadsworth Publising Company.

Sobur, Alex .2006. Semiotika Komunikasi . Bandung : PT Remaja Rosydakarya.




DOI: https://doi.org/10.32528/mdk.v1i2.1573

Copyright (c) 2018 MEDIAKOM



p ISSN: 2580-1899

e ISSN: 2656-5706