Sosialisasi dan Pelatihan Peningkatan Produktivitas dan Pengembangan Produk UMKM Pengolahan Kopi di UMKM Pengolahan Kopi Desa Sidodadi Jember

Norita Citra Yuliarti, Wahyu Eko Setianingsih, Achmad Hasan Hafidzi

Abstract


Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Terdapat UMKM yang mengelola biji kopi menjadi bubuk kopi siap seduh. UMKM tersebut memproduksi kopi menjadi bubuk untuk di pasarkan di daerah Sidodadi dan sekitarnya. Akan tetapi UMKM tersebut memiliki masalah dengan legalitas produk yang belum terdaftar secara sah dan berbadan hukum serta masalah label pada kemasan yang kurang menarik, segmen pasar yang masih sempit, masalah keuangan dan pengembangan produk. Maka dari itu kami ingin membantu menyelasaikan masalah-masalah tersebut agar produk ini dapat berkembang dan berkemajuan. Selain itu, pengelolaan sumber daya yang ada akan kita maksimalkan agar dapat mendongkrak penjualan dan menambah pendapatan UMKM yang berada di desa Sidodadi Jember tersebut

 


Keywords


UMKM, produktivitas, pengolahan kopi, pengembangan produk

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2018). Pelatiihan Aspek Marketing MIx untuk Usaha Kerajinan Tangan bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Leato Utara, Kecamatan Dumbo Raya Gorontalo. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo .

Hersoelistyorini, W., Nugraheni, Y., & Hardiyanti, D. (2015). IbM Kelompk Ibu Rumah Tangga di Kampung Kokosan dalam Produksi Abon Ikan Bandeng . Abdimas, 49-57.

Jember, B. (2018 ). Kecamatan Arjasa dalam Angka. Jember: BPS Jember.

Jubelio. 2021, Langkah membuat branding produk terkenal, https://jubelio.com/2021/langkah-membuat-branding-produk-agar-terkenal/. diakses pada tanggal 25 September 2021

Legalitas kita. 2021,Pendaftaran merek dagang: syarat penting, cara, dan biaya. https://legalitaskita.id/blog/pendaftaran-merek-dagang-syarat-penting-cara-biaya/ diakses pada tanggal 25 September 2021

Moka Blok. 2020, Branding produk: Definisi, manfaat, dan cara agar dikenal konsumen, https://blog.mokapos.com/cara-branding-produk-sehingga-dikenal-konsumen. diakses pada tanggal 25 September 2021

Ocatvia, A., Sumarni, & Sam, I. (2016). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Bagi Ibu Rumah Tangga, Remaja Putri dan Kelompok Usaha Bersama Mutiatra Kota Jambi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 36-42.

Rojikin. 2021, Pengertian legalitas perusahaan dan bentuk legalitas perusahaan, https://rojikin.id/pengertian-legalitas-perusahaan/. diakses pada tanggal 25 September 2021

Riadi Muchlisin. 2018. Pengertian, fungsi, jenis dan ketentuan label produk, https://www.kajianpustaka.com/2018/03/pengertian-fungsi-jenis-dan-ketentuan-label.html. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2021

Septia, E., Windiana, L., & Amir, N. (2018 ). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dengan Teknologi Budidaya Aquavertikuler pada Lahan Sempit. CARRADE : Jurnal Pengabdian MAsyarakat, 30 - 36.

Wikipedia. 2021. Kopi. https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2021




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats