Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Binaan Aisyiyah Kabupaten Ponorogo

Umi Farida, Titi Rapini, Rizki Listyono Putro

Abstract


Era digitalisasi menuntut pelaku usaha termasuk UMKM harus adaptasi dalam melakukan aktifitas usahanya, ditinjau dari strategi pemasarannya yang secara konvensional mulai berkembang menjadi strategi pemasaran berbasis digital. Mulai memasarkan produk, terjadinya negosiasi  hingga melakukan pembayaran bisa melalui online. Beberapa permasalahan yang ditemui di lapangan adalah pelaku UMKM binaan Aisyiyah Kabupaten Ponorogo dalam memasarkan produknya belum terintegrasi dengan tekhnologi secara optimal terkait konsep dan teknisnya. Berdasarkan fakta tersebut pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada UMKM binaan aisyiyah Kabupaten Ponorogo untuk menerapkan transformasi digital. Transformasi digital pada UMKM yang akan diterapkan yaitu memaksimalkan strategi promosi pemasaran secara online yaitu literasi penggunaan internet, melengkapi sarana dan prasarana digital, pemanfaatan melalui media sosial berupa whatsapp, facebook, instagram, serta pemanfaatan penjualan melalui marketplace.  Kegiatan pengabdian ini menggunakan  metode pendampingan pada pelaku UMKM dengan harapan pelaku UMKM mampu memanfaatkan dan mengoperasikan platform digital secara mandiri dalam melakukan pemasarannya produknya.


Keywords


digital marketing, media social, marketplace, e-commerce.

Full Text:

PDF

References


Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Badan Pusat Statistik. (2019). Analisis Hasil SE2016 Lanjutan, Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil.Jakarta

Himawan, Abdurrahman Faris Indriya. (2019). Digital Marketing: Peningkatan Kapasitas Dan Brand Awareness Usaha Kecil Menengah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi. Volume 17,Nomor 22,hh85-101

Kemenperin. (2016). Pertumbuhan Ekonomi Dorong Ekspansi UMK. Retrieved from http://www.kemenperin.go.id/artikel/5774/Pertumbuhan-Ekonomi-DorongEkspansi-UMK

Pakpahan, Aknolt K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Universitas Parahyangan. Bandung.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.

Purwana, Dedy et.al.(2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Volume 1, Nomor 1, hh 1-17. doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.

we are social. (2017). Digital in 2017: Global Overview. Retrieved from https://wearesocial.com/special-reports/digital-in-2017-global-overview




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats