Menguatkan Brand Awareness dan Digitalisasi Laporan Keuangan Menuju Kebangkitan BUMdes

Ahmad Izzuddin, Tatit Diansari Reskiputri, Mohammad Halim

Abstract


BUMDES Amartha bangkit dengan mulai membuat bisnis kripik pepaya dan kripik pisang, toko alat tulis yang mengakomodir kebutuhan pemerintah desa. selain 2 usaha tadi, BUMDES amartha juga merintis usaha bank sampah, menjual produk batik semboro serta produk bibit buah warga sekitar desa semboro kidul. Menurut penuturan ibu listika, selaku sekretaris BUMDES Amartha, bahwa bisnis inti BUMDES sebenarnya bisnis kripik dan toko alat tulis, hanya saja BUMDES juga ingin membantu bisnis yang sudah berjalan di masyarakat desa Semboro Kidul. Berdasarkan hasil observasi, BUMDES Amartha memiliki peralatan yang memadai untuk usaha kripiknya, tapi proses produksinya tidak dilakukan secara terus menerus karena proses produksinya berdasarkan pesanan. Produk kripik pepaya dan kripik pisang BUMDES Amartha sebenarnya memiliki rasa yang enak, karena memiliki banyak varian rasa dan juga sehat, karena tidak menggunakan penyedap rasa sehingga aman untuk dimakan. Produk kripik BUMDES Amartha dijual dengan harga yang cukup mahal, karena memiliki kualitas rasa yang enak, dan aman untuk dikonsumsi. Setelah pelaksanaan program pengabdian masyarakat BUMDES Amartha telah memiliki NIB sebagai nomer identitas bisnis, kemudian tim juga telah membuatkan kemasan yang baru sehingga pengurus BUMDES amartha bisa lebih eprcaya diri dalam mengenalkan produknya. Selain itu kami juga telah membuatkan akun social media sehingga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas, mengingat kualitas produk yang sudah bagus, pelatihan pembuatan laporan keuangan akan kita lanjutkan meski program pengabdian masyarakat telah usai, mengingat waktu yang singkat dan pengurus BUMDES masih belum begitu paham. Dengan beberapa kegiatan tersebut, kita berharap BUMDES amartha menjadi lebih maju lagi.

Keywords


Bumdes, kripik, packaging, perizinan.

Full Text:

PDF

References


Lila, bismala, “Analisis Strategi Pemasaran Pada Umkm Di Sumatera Utara Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm”. Jurnal Pembangunan Perkotaan. Vol 2. No 2. 2014

Sulistiyani & Pratama, Aditya “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm”. Jurnal pemasaram kompetitif. Vol 3. No 2. 2019

https://kemendesa.go.id/berita/view/detil/1932/40-bumdes-raih-omzet-ratusan-juta-hingga-rp8-miliar-per-tahun




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.7667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats