Pengendalian Sumber Daya Manusia dan Pengelolaan Keuangan BUMdes Dana Asri Sejahtera Desa Wonoasri Melalui Sistem Kerjasama dan Manajemen Konflik

Nursaidah Nursaidah

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana Pengendalian Sumber Daya Manusia dan Pengelolaan keuangan BUMDes melalui Sistem Kerjasama dan Konflik serta bagaimana Pengalokasian Keuntungan pada BUMDes “Dana Asri Sejahtera” Desa Wonoasri. Pada BUmdes ini menunjukkan bahwa secara financial, BUMDes “Dana Asri Sejahtera” Wonoasri sudah dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, BUMDes ini telah memberikan jasa layanan simpan pinjam bagi masyarakat sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mendanai atau memodali untuk pertanian dan UKM, dalam hal ini tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat supaya desa juga bisa bertumbuh dengan baik, meningkatkan perekonomian desa, Meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat,menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa,Meningkatkan pendapatan asli desa. Dalam hal ini profit dialokasikan kepada pihak-pihak tertentu dengan persentase yang sama di masing-masing tahun.

 


Keywords


pengelolaan keuangan; pengelolaan sumber daya manusia; BUMDes

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Rahardjo. 2013. Pembangunan Perdesaan. Yogyakarta. Graha Ilmu.

M. Zulkarnaen, Reza .” Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa”. Jurnal Aplikasi IPTEKS untuk Masyarakat. Vol. 5.

Nasution, Mualimin. 2002. Pengembangan Kelembagaan Koperasi Pedesaan Untuk Agroindustri. Bogor. IPB Press.

Widi Lestari, Asih. 2016. “Peran Pemerintah Desa dalam Mengelola Badan Usaha Milik Desa”. Jurnal Ilmu sosial dan Ilmu Politik . Vol. 5. No.2

Yusuf Agunggunanto, Edi. 2016. ”Pengembangan Desa Mandiri Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik D

Anggraeni, Maria Rosa Ratna Sri. 2016. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi pada BUMDes di Gunung Kidul. Yogyakarta. Jurnal MODUS. Vol. 28, No.2.

Kamaroesid, Herry. 2016. Tata cara pendirian dan pengelolaan BUMDes. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Prasetyo, Ratna Aziz. 2016. Peranan Bumdes Dalam Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pejambon Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Dialektika. Vol.11, No.1.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.7659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats