Fintech (M-Banking) Bank Syariah Indonesia Untuk Mendidik Siswa Madrasah Aliyah At-Taqwa dalam Pembelajaran Transaksi Digital

Hairul Huda, Muhammad Syafi’i

Abstract


Permasalahan yang dihadapi manusia era 5.0 yang mana sebagian besar aktifitas manusia sudah diwakili dengan aplikasi dari smartphone yang biasa setiap hari digunakan, mulai dari kegiatan Pendidikan, keagamaan, sosial, transaksi, jasa ataupun kegiatan-kegiatan lainnya. Tidak luput dari kondisi ini adalah dalam segi ekonomi tepatnya transaksi ekonomipun sudah mulai mengalami peralihan yang awalnya dilakukan transaksi secara cash sekarang sudah mulai beralih kearah yang serba digital. Artinya lembaga perbankan khususnya bank Syariah Indonesia juga akan ikut andil dalam proses pelayanan transaksi yang dilakukan secara digital sepeti penggunaan mata uang elektronik (e-money), ATM, kartu, E-Banking, Mobile Banking ataupun fasilitas transaksi lainnya. Fasilitas transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan menjadi pertanda pula peralihan kearah digitalisasi, maka dari itu perlu kiranya adanya edukasi kepada masyarakat khususnya kalangan muda tentang transaksi digital yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan seperti mobile banking dan lainnya agar kedepan kalangan muda bisa berkiprah dalam pengembangan ekonomi melalui media digital yang dikeluarkan oleh perbankan yang menjadi salah satu mitra dalam pengembangan bisnis dan ekonomi. Solusi yang ditawarkan adalah ikut serta mengedukasi masyarakat khususnya kalangan muda terutama siswa MA At-taqwa tentang fungsi serta kegunaan media transaksi digital seperti mobile banking khususnya fasilitas dari Bank Syariah Indonesia yang menjadi salah satu media digital yang banyak digunakan dalam transaksi ekonomi khususnya pengembangan bisnis dan ekonomi. Target luaran dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya kalangan pemuda akan manfaat dari mobile banking sebagai media digital dalam pengembangan kegiatan ekonomi dan bisnis. Hasil dari kegiatan ini menyimpulkan bahwa pelaksananan PKMS ini berjalan dangan baik dan sesuai dengan harapan. Tujuan dari diselenggarkannnya program pengambdian kepada masyarakat ini yairu mengedukasi masyarakat khususnya kalangan muda terutama siswa  dan guru di MA At-taqwa tentang fungsi serta kegunaan media transaksi digital seperti mobile banking khususnya fasilitas dari Bank Syariah Indonesia yang menjadi salah satu media digital yang banyak digunakan dalam transaksi ekonomi khususnya pengembangan bisnis dan ekonomi berjalan dengan baik dan lancer


Keywords


Fintech (M-Banking) BSI, Mendidik Siswa, Pembelajaran Transaksi Digital

Full Text:

PDF

References


Azhar Lubis, Muhammad Vadly. 2021. Analisis Minat Nasabah pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Bank BSI KCP. Rantauprapat. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara

https://ir.bankbsi.co.id/corporate_history.html

https://www.shinhan.co.id/article-listings/read/pengertian-mobile-banking

Marginingsih, Ratnawaty. 2020. Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI (Studi pada Pengguna BRI Mobile dikota Depok). Moneter Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.7 No.1. hal 25.

Nasfi, dkk. 2021. Ekonomi Mikro Islam. Banyumas: Pena Persada.

OJK. 2015. Bijak Ber-e Banking. Jakarta.

Soemitra, Andri. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

wiroso. 2011. Produk Perbankan Syariah, Dilengapi dengan: UU. No.21/2008 - perbankan Syariah Kodifikasi Produk Bank Indonesia (Revisi 2011). Jakarta Barat: LPFE Usakti.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.7656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats