Pelatihan Pemanfaatan Dan Pengemasan Pupuk Kandang (Limbah Sekam Padi Dan Limbah Ternak)

Syamsuddin Bidol, St Rukaiyah

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat pendapatan UMKM di Kelurahan Tamlanrea Kota Makassar dimasa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti menggali informasi mengenai permasalahan yang dialami oleh UMKM di Kelurahan Tamalanrea Kota Makassar selama masa pandemi Covid-19 kemudian peneliti menarik kesimpulan terhadap kasus tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan Dari jenis-jenis pelaku UMKM yang berada di wilayah Kelurahan Tamalanrea diketahui 5 jenis usaha yaitu penjual gorengan, warung nasi, counter pulsa dan data, penjual kosmetik, dan penjual bakso mengalami penurunan pendapatan tetapi tidak terlalu menurun hanya mengalami penurunan hingga 20%-25%. 1 jenis usaha diantaranya yaitu penjual sembako yang tidak mengalami penurunan pendapatan selama masa pandemi pendapatan usaha tersebut tetap stabil, Dan 3 jenis UMKM lainnya yaitu laundry, penjual pakaian, dan tempat fotocopy yang mengalami penurunan pendapatan secara drastis hingga 50%-60% bahkan ada 1 jenis usaha yaitu jenis usaha laundry pada awal pandemi terpaksa harus menutup usahanya selama kurang lebih 1 bulan. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan dari pemerintah yaitu penerapan PSBB dan pembatasan jam operasional berdagang. Upaya yang dilakukan oleh sebagian pelaku UMKM yang berada di Kelurahan Tamalanrea untuk meningkatkan pendapatan tanpa melupakan kebijakan dari pemerintah yaitu dengan cara melakukan inovasi produk, menambah variasi menu/produk,penurunan harga,serta memanfaatkan sosial media dengan menjual secara online menggunakan aplikasi shopee food, faceebook.dan instagram.


Keywords


Pendapatan, UMKM, Covid–19, Faktor Harga, Faktor Promosi, Faktor Produk.

Full Text:

PDF

References


Ananta, A. P. (2020). Analisisi Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Desa Blado, Kabupaten Semarang. Semarang: Universitas Negri Semarang.

Bachtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya. Jurnal Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik.

Dkk, A. M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Umkm Pada Pabrik Usaha Tahu Amda. Jurnal Akuntansi Kompetif.

Dkk, Y. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pekerja Wanita Sebagai Ibu Rumah Tangga. Jurnal Ekonomi Pembangunan.

E, S. (2020). Pemberdayaan dan Perkembangan UMKM di Kabupaten Kerinci. Al-Dzahab.

e, y. f. (2020). Analisis Penentuan Persediaan Bahan Baku Kedelai Yang Optimal Dengan Menggunakan Metode Stockhastic Pada PT. LOMBOK GANDARIA. Akrab Juara.

E.P, K. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan.

Hanum, N. (2017). Analisis Pengaruh Pendapatan Terhadap Perilaku Komsumsi Mahasiswa Universitas Samudradi Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika.

Ihza, K. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Comp Desa Watesprojo, Kemlagi,Mojokerto). Jurnal Inovasi Penelitian.

Komara B.D, S. H. (2020). Jalan Terjal UMKM dan Pedagang Kecil Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 dan Ancaman Krisis Ekonomi Global. Jurnal Manajamen Bisnis

Lumingkewas, V. A. (2013). Pengakuan Pendapatan Dan Beban Atas Laporan Keuangan Pada PT.Bank Sulut. Jurnal EMBA.

Maulana, A. (2018). Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Komsumsi Pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Kabupaten Bireuen. Journal Ekomomika Universitas ALmuslim Bireuen Aceh.

Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. The Indonesia Journal of Development Planning.

Pertiwi, P. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja di Wilayah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial.

Sudarto. (1994). Studi Pendapatan Pedagang Kecil Anggota Kud Ditinjau Dari Modal Usaha Di Kecamatan Sidoharjo Sragen. Jurnal Pendidikan Ilmu

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. JURNAL BRAND.

Widajanti, Y. f. (2020). Analisis Penentuan Persediaan Bahan Baku Kedelai yang Optimal dengan Menggunakan Metode Stockhastic Pada PT.Lombok Gandaria. jurnal Akrab Pekanbaru.

Wijaya. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Kopi Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keluarga dan Kons.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats