Peningkatan Sistem Informasi Manajemen pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Karya Mandiri Balung Jember

Budi Santoso, Moh. Halim

Abstract


Sistem Informasi manajemen memiliki peran penting dalam pelaksanaan dan perencanaan yang dilakukan oleh sebuah BUMDES. Tujuannya antara lain, menyediakan layanan informasi dalam perhitungan produk, harga pokok jasa, dan tujuan-tujuan lain yang menjadi target manajemen, menyediakan layanan yang dapat digunakan sebagai media pengendali, perencana, evaluasi, dan sebagai sarana perbaikan yang berkelanjutan menyediakan informasi pendukung yang berguna untuk analisis data dan pengambilan keputusan bagi suatu perusahaan, memudahkan pekerjaan dan pengelolaan manajemen dalam suatu perusahaan. BUMDES Karya Mandiri merupakan Badan Usaha Milik Desa yang berlokasi di Jl. PB. Sudriman Ds.Balungkulon Kec.Balung Kab. Jember. Penetapan BUMDES berdasarkan peraturan Desa No. 06 tahun 2016. Unit usaha BUMDES Karya Mandiri antara lain Unit Usaha Pengolahan Sampah dan Kerajinan. Dalam mejalankan usaha yang semakin berkembang BUMDES Karya mandiri membutuhkan data yang update untuk pembuatan keputusan. Melalui pelatihan sistem informasi manajemen keuangan dengan menggunakan Software Bomosof saat ini BUMDES Karya Mandiri telah dapat menerapakan system informasi upadate stok barang, simulasi traksaksi penjualan, informasi arus kas, dan laporan penjualan, laporan persediaan dan laporan laba rugi.


Keywords


BUMDES, Sistem Informasi Manajemen, Bomosof

Full Text:

PDF

References


Raymond McLeod, Jr. dan George Schell. 2004. Sistem Informasi Manajemen (terjemahan). Jakarta: PT Indeks

Zupana, B, Porenta, A. Vidmard, G, Aoki, N. Bratko, I. Beckc, JR.Decisions at Hand. 2001. A Decision Support System on Handhelds.

Proceeding of MEDINFO 2001 in V. Patel et al. (Eds) Amsterdam: IOS Press.

https://nasional.kompas.com/read/2019/12/11/14210741/jokowi-dapat-laporan-2188- badan-usaha-milik-desa-tidak-beroperasi.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats