Penerapan Teknologi Pengemasan dengan Alat Sealer Cup untuk Peningkatan Produktivitas Produksi Minuman Jamu Herbal

Pongky Lubas Wahyudi, Yusuf Eko Nurcahyo

Abstract


Minuman herbal saat ini tumbuh dan berkembang sangat pesat apalagi pada saat kondisi pademi covid 19 seperti saat ini dengan berbagai inovasi rasa, bahan-bahan dasar baru sebagai bahan tambahan maupun dengan inovasi kemasan yang sangat menarik dan inovatif.  Pemanfaatan empon-empon dan rempah-rempah yang sangat melimpah sebagai bahan dasar pembuatan minuman herbal banyak dimanfaatkan oleh kelompok pengrajin minuman herbal di UMKM Minuman herbal “Alenk Jaya” yang ada di Desa Galeng Dowo, Wonosalam Jombang. Dari proses awal pembuatan sampai ke proses akhir pembuatan terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki dalam hal pengemasan produk akhir yang masih dilakukan secara tradisonal yang kurang memberi daya tarik bagi pembeli. Pengembangan mesin sealer cup diperlukan untuk membantu mitra memperbaiki beberapa hal seperti usaha minuman herbal menjadi lebih berkualitas dan higienis, Mitra atau pelaku usaha menjadi lebih berkembang dan mampu meningkatkan daya saing produk yang akan dijual ke pelanggan dan memberdayakan lingkungan disekitarnya, sehingga dengan meningkatnya pendapatan masyarakat, maka kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.


Keywords


kemasan produk; minuman jamu herbal; sealer cup

Full Text:

PDF

References


Julianti, E., & Nurminah, M. 2011. Teknologi Pengemasan. Departemen Teknologi Pertanian, Fakultas pertanian, Universitas Sumatera Utara.

BPOM, 2005, Kriteria dan Tata Laksana Pendaftaran Obat Tradisional, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka, 4, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, Jakarta.

Calixto J.B, & Barz J., 2000, Efficacy, Safety, Quality Control, Marketing and Regulatory Guidelines for Herbal Medicines (Phytotherapeutic Agents), Med Biol Res,

Djojoseputro, S., 2012, Resep dan Khasiat Jamu Tradisional Nusantara, Penerbit Liris, Surabaya.

Canfield. S. 1997. Dynamics of Machinery. Tennessee Tech University: Department of Mechanical Engineering

Siswoyo. 2008. Teknik Listrik Industri Jilid 2. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Soekarto, S.T., 1990. Peranan Pengemasan dalam Menunjang Pengembangan Industri, Distribusi dan Ekspor Produk Pangan di Indonesia. Jakarta.

Mallaleng, H.R., Purwaningtyas, U.,Hermawati, R., Solichah, N. 2012. Katalog Tumbuhan Obat Alam. Jilid 1. Batu: UPT Materia Medica Batu.

Achmad, S.A., Hakim, E.H.,Makmur, L, Syah, Y.M,, Juliawaty,L,D,, Mujahidin, D. (2007). Ilmu Kimia dan Kegunaan Tumbuh- Tumbuhan Obat Indonesia. Jilid 1. Bandung: Penerbit ITB.

Sri Sinto Dewi1, Stalis Norma Ethica, Ayu Rahmawati Sulistyaningtyas, Yuni Nurkuntari, Wikanastri Hersoelistyorini.2019. Pelatihan Pengemasan Yogurt dengan Mesin Cup Sealer bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga di Desa Sruni, Musuk, Kabupaten Boyolali. Prosiding Seminar Nasional Unimus (Volume 2, 2019).




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats