Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama

Siti Khayisatuzahro Nur, Abdul Hamid Bakir

Abstract


Penanaman literasi keuangan sedini mungkin pada anak akan sangat berpengaruh terhadap pemahaman dan pengetahuan tentang literasi keuangan yang tentunya dapat diaplikasikan di kemudian hari. Peran keluarga dan sekolah tentu sangat mendukung bagi anak untuk menguasai kecakapan literasi keuangan. Namun pada saat ini  masih ditemukan beberapa kendala dalam memberikan materi literasi keuangan dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan tahapan usia anak. Maka dari itu, dalam pengabdian ini mencoba berinovasi dalam mengenalkan literasi keuangan sejak dini melalui model pembelajaran Diorama. Model pembelajaran Diorama memudahkan bagi anak dalam menangkap maksud dan alur Diorama yang akan disampaikan. Dalam pelaksanaan  pengabdian diadakan  di PAUD AL IKHLAS.. Dalam Pengabdian ini, tim berusaha menyusun alur Diorama yang menyenangkan dengan judul cerita” Daffa Si Anak Nelayan Dan Kertas Warna-Warni”. Cerita ini akan dituangkan dalam bentuk visualisasi  uang, fungsi uang, macam-macam pecahan uang,  Kegiatan ekonomi, transaksi  ekonomi, dan kegiatan menabung dalam objek diorama yang tentu membuat anak-anak semakin tertarik  dan antusias. Melalui kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan  pengetahuan anak-anak dalam mengelola keuangan, bertransaksi dan kegiatan menabung. Literasi keuangan sejak dini tentu akan membuat generasi mendatang akan lebih mandiri dan cermat dalam pengelolaan keuangan yang matang dan terencana.


Keywords


Literasi Keuangan; Anak Usia Dini; Model Pembelajaran Diorama

Full Text:

PDF

References


Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175-190.

Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 1-7.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru.

Novieningtyas, A. (2019). Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini. MANNERS, 1(2), 133-137.

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14-28.

Anwar, S., Yuangga, K. D., Hamda, N., Jaya, F., & Nurhasanah, E. (2020). Pendidikan Keuangan Untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Melalui Metode Story Telling Pada Anak Usia Sekolah. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats