Pendampingan Pengembangan Usaha Minuman Ekstrak Mengkudu di UD. ZAM Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Danang Kumara Hadi, Andika Putra Setiawan, Danu Indra Wardhana

Abstract


Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk masyarakat terutama saat pendemi Covid-19. Selain berdampak pada kesehatan, pandemi ini juga berdampak pada sosial ekonomi Indonesia. Masyarakat perlu inovasi dan kreatifitas untuk membuat terobosan yang mendukung pola hidup sehat dan menstabilkan kondisi ekonomi. Jember merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang cukup besar untuk menjadi peluang bisnis baru ditengah sulitnya perekonomian saat pandemi. Salah satu produk agroindustri yang sudah di kembangkan di Jember adalah olahan minuman ekstrak mengkudu. Pemanfaatan minuman ekstrak mengkudu dapat diinovasikan menjadi minuman fungsional untuk kesehatan dan mengubah nilai tambah buah mengkudu. Tujuan utama pendampingan ini adalah untuk membantu meningkatkan produksi mitra dengan metode sosialisasi untuk meningkatkan keterampilan dan produksi dalam proses penanganan pasca panen, teknologi pengemasan dan penyimpanan, serta manajemen bisnis dan pemasaran. Hasil dari pendampingan ini yaitu menghasilkan produk olahan minuman ekstrak mengkudu dengan inovasi rasa tanpa mengurangi kualitasnya, masarakat mengetahui cara pembuatan inovasi minuman ekstrak mengkudu dan dapat mengembangkan inovasi minuman ekstrak mengkudu dan memperkenalkan kepada masyarakat.

Keywords


mengkudu, covid-19, minuman fungsional.

Full Text:

PDF

References


Badan Litbang Pertanian. 2012. Teknologi Pasca Panen Tanaman Obat. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian.

Kantor Desa Bagorejo, 2020. Potensi Desa Bagorejo. Situs Resmi Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. (Diakses 22 November 2020).

Kementerian Perdagangan. 2014. Warta Ekspor. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan.

Mahanthesh, M.C., Manjappa, A.S., Shindhe, M.V., Jamkhandi, C.M., Jalapure, S.S., Patil, S.S., 2013. Morinda citrifolialinn; a medicinal plant with diverse phytochemicals and its medicinal relevance. World J. Pharm. Res. 3 (1), 215–232.

Sari, Yuliana. 2015. Penggunaan Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. J majority Volume. 4 No. 3 Januari 2015.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats