Pengembangan UMKM Sari Karak Melalui Digitalisasi Teknologi Dan Manajemen Usaha

Lustina Rima M, Annisah Naim F, Prima Wijaya, Agni Astungkara, Riana Dewi

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok usaha yang memiliki keunggulan dalam kemudahan mengadopsi inovasi terutama pada bidang teknologi. Penggunaan dan pemanfaatan teknologi sebagai penunjang pemasaran produk selalu dikembangkan pada usaha UMKM di Jawa Tengah. Tujuan dalam kegiatan ini untuk membantu mengembangkan potensi yang ada pada salah satu UMKM di Jawa Tengah yaitu UMKM kerupuk karak SARI KARAK. Tim PKM melakukan riset dan melihat adanya potensi sentra industri kerupuk karak di Sukoharjo dengan produk SARI KARAK sebagai kunci utama. Permasalahan yang dihadapi adalah masih kurangnya pelatihan dalam pemanfaatan teknologi sosial media dan manajemen usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan kualitatif melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah perluasan pangsa pasar, manajemen usaha yang lebih baik dan inovasi produk pada produk SARI KARAK.


Keywords


UMKM;potensi;inovasi;manajemen usaha

Full Text:

PDF

References


Alifiana, M. A. (2018). Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK di Kota Kudus. Journal of Dedicators Community UNISNU Jepara, 2(2), 83-90.

Amalia, D. (2020, February). Bisnis. Retrieved from Jurnal Entrepreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-perkembangan-umkm-di-indonesia/#:~:text=Dalam%20perekonomian%20Indonesia%2C%20Usaha%20Mikro,UMKM%20yang%20melibatkan%20banyak%20kelompok.

Arifudin, O. (2020). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. GLOBAL (PT.GM). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 184-190.

Curatman, A., Rahmadi, Maulany, S., & Ikhsani, M. M. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, 18(3), 61-75.

Hadiyati, E. (2008). Model Pemasaran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana, 5(1).

Han, J. K., Namwoon, K., & Rajenbdra, K. S. (1998). Market Orientation an Organization Performance : Is Innovation Missing Link? Journal of Marketing, 42-54.

Holmes, S., & Nicholls, D. (1988). An analysis of the use of accounting information by Australian small business. Journal of small business management, 57.

Jatengprov. (2020, January). UMKM Jateng Sumbang Kontribusi Pengentasan Kemiskinan Hingga 50%. Retrieved from Jatengprov.go.id: https://jatengprov.go.id/beritaopd/umkm-jateng-sumbang-kontribusi-pengentasan-kemiskinan-hingga-50/

Johnson, H. T., & Kaplan, R. S. (1987). The Rise and Fall of Management Accounting [2]. Management Accounting, 68(7), 22.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Megginson, W. L., Byrd, M. J., & Megginson, L. C. (2000). Small Business Management: An Entrepreneur's Guidebook. Boston: Irwin McGraw-Hill.

Oktavinus, Zaid, S., & Yusuf, H. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pengolahan Rumput Laut Di Wakatobi. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 5(2), 211-227.

Wijaya, M., & Jasfar, F. (2014). Pengaruh Rancangan Situs, Harga, Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Pembelian Produk Fashion Melalui Online Shopping. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 7(2), 31-62.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i1.5009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats