Sosialisasi Pengembangan Kemampuan Motorik Dan Keselarasan Gerak Melalui Model Pembelajaran Sentra

Wahyu Eko Widiyanto, Nuraini Kusumaningtyas

Abstract


Program kemitraan masyarakat (PkM) stimulus dengan judul sosialisai pengembangan kemampuan motorik dan keselarasan gerak melalui model pembelajaran sentra ini diperuntukan bagi guru-guru di wilayah pusat kegiatan gugus (PKG) PAUD Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Sosialisasi ini dilaksanakan dengan pendekatan penyuluhan menggunakan Webinar. Tujuan dari PkM ini adalah memberikan pemahaman pentingnya pengembangan kemampuan motorik dan keselarasan gerak untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui model pembelajaran sentra. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari kamis, 20 Mei 2020 dengan mengunakan aplikasi online Zoom Cloud Meetings. Dalam pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah dengan media power point (PPt) dan tanya jawab interaktif. Jumlah peserta anggota PKG sebenarnya 44 anggota, namun yang bisa mengikuti kegiatan sosialisasi ini adalah 15 orang peserta. Respon yang diperlihatkan peserta sangat baik, hal ini dilihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti sosialisasi dan memberikan pertanyaan-pertanyaan waktu sesi tanya jawab. Dengan adanya sosialisasi ini guru-guru antusias ingin menerapkan model pembelajaran sentra pada sekolahnya masing-masing. Disamping itu, peserta memberi usulan agar kegiatan sosialisasi ini berkelanjutan

Keywords


motorik; kecerdasan kinestetik; pembelajaran sentra

Full Text:

PDF

References


----------. 2019. Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta: Replublik Indonesia.

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Erdiyanti et al. 2019. Pembelajaran Di TK/RA Berbasis Sentra. Kendari: AA-DZ Grafika.

Lessy, Zulkipli, and Amin Sabi’ati. 2018. “Thematic-Integrative Learning with the Beyond Centers and Circle Time Approach at Tunas Harapan Preschool , Salatiga , Central Java”. ASIA-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 12(1): 39–59.

Mariati, Pance, and Berda Asmara. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Gerak Dan Lagu Tematik Bagi Guru Pos PAUD Terpadu (PPT) Di Kota Surabaya”. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a): 9–20.

Mursid. 2015. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mursyid. 2016. “The Application of Beyond Centers and Circle Time Approach”. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1): 81–90.

Sudjono, Elisabeth Tri Kurnianti, and Eny Kusumastuti. 2017. “Proses Pembelajaran Gerak Dan Lagu Yang Kreatif Berdasarkan Kurikulum 2013 Di TK Miryam Semarang”. Jurnal Seni Tari, 6(2): 1–9.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i1.5004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats