Pelatihan Audit Manajemen Atas Fungsi Produk Untuk Meningkatkan Produktifitas

Dwi Cahyono, Fathushobi Ridwan Rulistia Adji, Suwarno Suwarno

Abstract


Koperasi Galur Murni  (Best Cow Farm) Ajung Jember, merupakan entitas yang bergerak dalam bidang produksi susu segar. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi, efektifitas, juga keekonomisan pada Koperasi Galur Murni (Best Cow Farm) Ajung Jember, serta pencarian sebab permasalahan produktifitas pada entitas tersebut.  Metode yang digunakan dalam pengabdian  ini adalah pendampingan melakukan audit internal terhadap proses produksi. Dalam prosesnya  bahwa standart pelaksanaan proses produksi telah sesuai dengan standart yang telah ditentukan perusahaan sebelumnya dan bagian produksi menyusun perencanaan untuk mewujudkan tujuan produksi telah ditetapkan. Koperasi Galur Murni (Best Cow Farm) Ajung Jember cukup efisien, efektif, dan ekonomis namun masih terdapat kelemahan-kelemahan dalam kegiatan produksi perusahaan seperti tidak adanya kebijakan tertulis kapasitas produksi, tidak adanya jadwal perawatan peralatan dan prosedur tertulis, tidak dimiliki laporan terdokumentasi yang akurat tentang aktivitas tidak bernilai tambah, tidak adanya suatu prosedur tertulis mengenai bagaimana dan siapa yang melakukan pengecekan produk jadi.


Keywords


pengabdian masyarakat; audit operasional fungsi produksi; fungsi produksi; prosedur audit

Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno. 2004. Auditing (Pemeriksaan Akuntan) Oleh Kantor Akuntan Publik Jilid II. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bayangkara, IBK. 2008. Audit Manajemen Prosedir dan Implementasi. Jakarta. Salemba Empat, Jakarta

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Arens. Et al. (2010). Auditing dan Pelayanan Verifikasi. Jakarta: Indeks.

Bastian, Indra. 2007. Audit Sektor Publik. Jakarta : Salemba Empat.

Boynton, Wiliam C., Johnson, Raymond N & Walter G. Kell., 2001. “Modern Auditing”,7th, Edition, New York : John Wiley & Sons, Inc.

Boynton, William C., Johnson, Raymond N. & Kell, Walter G. 2002. Modern Auditing. Edisi Ketujuh. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Arens, Alvin A., James Loebbecke.,1999, “Auditing Pendekatan Terpadu” , Alih bahasa oleh Amir Abadi Jusuf, edisi kempat, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat

Amin Widjaya Tunggal. (2000). Manajemen Audit Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Institute internal auditor (IIA), Amin Widjaya Tunggal. (2000). Manajemen Audit Suatu Pengantar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sayle, A.J. 1981. Management Audit, The Assessment of Quality, Management Systems. London: McGraw-Hill Book Company (UK) Ltd.

Haming, Murdifin. dan Nurnajamuddin, Mahfud. 2007. Manajemen Produksi Modern: Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Permata Hati Andika Desi.”,2015.”,” Audit Manajemen Atas Fungsi Produksi Pada Unyqua Yogyakarta”Ekonomi.”,Universitas Negeri.”: Yogyakarta

Nuraniyah Khalilatun, Hasanah Wiladatul, Gustiandari Febri, Rasyid Hainur, H Agus Moh, B Rudiyanto.”,2016.”,” Audit Fungsi Produksi dan Operasi pada Perusahaan Kecap Hasil Bumi”,Academia.edu.”,https://www.academia.edu/36307417

Pangsuri Abdul Aziz, Karlina Rika.”,2013.”,”peranan audit operasional atas fungsi produksi untuk mengurangi produk cacat pada pabrik genteng ogan permata Palembang”.”,STIE MDP.”, http://eprints.mdp.ac.id/703/”06 April




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i1.4999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats