Inovasi Produk Daun Pepaya menjadi Mie Daun Pepaya dan Buah Pepaya Menjadi Krupuk Buah Pepaya

Dewi Lusiana, Aji Brahma Nugroho

Abstract


Kelompok Swadaya Masyarakat yang bernama Pusat Pengolahan Pepaya Terpadu (P3T) terletak di Desa Umbulsari. Dibentuknya swadaya ini karena melimpahnya pepaya di desa Umbulsari kecamatan umbulrejo Kabupaten Jember. Daun pepaya yang memiliki kandungan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh belum dimanfaatkan dengan baik, begitu pula buah pepaya belum dimanfaatkan untuk produk olahan yang lebih berdaya guna. Perlu inovasi untuk mengolah daun pepaya lebih berdaya guna dan berdaya saing. Dipilihnya produk mie dan kerupuk karena mie dan kerupuk adalah makanan yang disukai semua lapisan msyarakat. Dengan diolahnya daun pepaya menjadi mie daun pepaya dan buah pepaya menjadi kerupuk maka akan dihasilkan inovasi makanan mie dan kerupuk yang mengandung zat yg dikandung daun pepaya dan buah pepaya. Dengan diolahnya buah pepaya  menjadi kerupuk dapat mengatasi melimpahnya panen pepaya menjadi produk yang tahan lama. Dengan mengolah Daun pepaya menjadi mie daun pepaya dan kerupuk pepaya maka daun pepaya dan buah pepaya menjadi lebih berdaya guna dan berdaya saing. Sehingga bisa membantu petani pepaya untuk menyalurkan hasil tanaman pepaya. Inovasi produk ini menjadi solusi bagi petani disamping anggota Swadaya P3T tentunya. Diharapkan dengan pembuatan mie daun pepaya dan kerupuk kates meningkat perolehan anggota P3T.


Keywords


daun pepaya; buah pepaya

Full Text:

PDF

References


https://www.liputan6.com/health/read/3694077/12-manfaat-daun-pepaya-untuk kesehatan-dan-wanita-jarang-diketahui (Diakses tanggal 25 Pebruari 2021).

https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/09/163200623/5-manfaat-daun-pepaya-salah-satunya-mengatasi-gejala-dbd?page=all (Diakses 7 September 2021)

https://www.halodoc.com/artikel/mengapa-buah-pepaya-bermanfaat-bagi-tubuh (Diakses tanggal 23 Pebruari 2021).




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.4970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats