Urgensi Pelaporan Keuangan Digital BUMDES Amanah Desa Pondokrejo Kec. Tempurejo Kab. Jember

Diyah Probowulan, Hardian Oktavianto, Dimas D K, Muh Nur I.F

Abstract


Dalam pengelolaan BUMDes Amanah Desa Pondokrejo laporan pertanggungjawaban menjadi suatu kewajiban yang harus dibuat oleh pengelola. Laporan Pertanggungjwaban (LPJ) BUMDes tidak hanya berupa laporan pelaksanaan kegiatan, namun juga mencakup laporan keuangan. Mengingat kendala pengelolaan BUMDes Amanah terdapat di sumber daya manusia, dampaknya mengalami kesulitan dalam menyusun laporan keuangannya. Rugi atau laba dan omsetnya berapa serta analisa pengembangan usaha kedepan muaranya dari data keuangan yang dimiliki oleh BUMDes Amanah. Disamping itu tidak adanya pengetahuan tentang manajemen keuangan berbasis akuntansi dan keahlian pemanfaatan teknologi digital jaringan ritel di Kota Jember dan sekitarnya ikut memperlambat laju perkembangan usaha di pedesaan. Berdasarkan permasalahan prioritas dari mitra maka solusi pertama yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah program penyediaan paket teknologi digitalisasi pelaporan keuangan dan buku pedoman operasional pelaporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Tahapan pelaksanaan pertama yaitu identifikasi dan pengumpulan data kemudian dilanjutkan perancangan sistem informasi akuntansi selama 3 minggu setelah sistem siap, tahap akhir adalah sosialisasi. Harapan dari keberlanjutan program ini yaitu terselenggarakannya pelatihan-pelatihan pendukung yang berkaitan dengan pemanfaatan digital.


Keywords


Teknologi Digital, BUMDes, Sistem Informasi Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Marshal B. Romney. (2014) . Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System) Salemba Empat. Jakarta.

Muslihudin, Oktafianto. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Andi Offset. Jakarta.

Permendesa PDTT No. 4/2015 tentang Badan Usaha Milik Desa

Indonesia, I. A. (2009). Standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik.

Sukasmanto. (2018). Rancang Bangun Bisnis dan Pengelolaan BUMDes. Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS) Tahap II.

UU No. 23/2014 tentang Peraturan Pemerintah Daerah

UU No. 6/2014 tentang Desa

Wiratna Sujarweni. (2018). Akuntansi BUMDes. Pustaka Baru Press. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.4967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats