Literasi Keuangan Dan Penerapan Digital Bisnis Serta Strategi Branding Untuk Meningkatkan Pemasaran Kuliner Suwar Suwir Pada Umkm Mitra Bumdes Panti Kabupaten Jember

Tatit Diansari Reskiputri, Moh. Halim, Nursaidah Nursaidah

Abstract


Suwar-suwir merupakan makanan khas yang berasal dari Kabupaten Jember, suwar-suwir sendiri terbuat dari tape yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan ringan. Sebagai salah satu kekayaan kuliner daerah, suwar-suwir patut dilestarikan. Untuk itu diperlukan suatu langkah pengembangan yang tepat dalam persaingan bisnis kuliner melalui penerapan digital bisnisdan strategi branding yaitu bertujuan untuk meningkatkan pemasaran kuliner suwar-suwir. Mitra dari program kemitraan stimulus ini adalah UMKM Mitra Bumdes Panti Kabupaten Jember. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan penerapan digital bisnis serta strategi branding untuk  meningkatkan pemasaran kepada mitra tentang pentingnya peran pemasaran dalam bisnis kuliner agar selain dapat mempertahankan eksistensi juga dapat mengembangkan usahanya dalam persaingan bisnis kuliner.


Keywords


suwar-suwir, makanan khas Kabupaten Jember; strategi branding; digital bisnis

Full Text:

PDF

References


Atkinson, A. dan Messy, F.-A. (2012) “Measuring Financial Literacy,” Journal of Consumer Affairs, 44(2), hal. 296–316. doi: 10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x.

Laudon. Kenneth C., dan Laudon. Jane P., "Management Information System", 10th ed, Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Suparyanto, Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media

Wardhono, A. 2010. Membangun Industri Kecil tangguh. Available at: http :/www.Student.uni marbuq./wardhono/Industri%20kecil.htm. Diakses 30 Desember 2004.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.4900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats