Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Pembelajaran Interaktif bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal

Mu’ah Mu’ah, Umar Yeni Suyanto, Desi Romadhona, Nur Hidayati, Bayu Malikul Askhar

Abstract


Kegiatan Pemanfaatan Aplikasi digital dalam pembelajaran interaktif bagi siswa sekolah dasar di Dusun Blangit dilakukan dengan tujuan untuk merubah kebiasaan siswa kearah yang lebih positif lagi dalam penggunaan Aplikasi digital, serta kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sarana pengenalan dan pembelajaran tentang pemanfaatan Aplikasi Digital. Sehingga menjadikan proses belajar mengajar pada era Covid-19 ini lebih Interaktif lagi. Mengingat pada era pandemi Covid-19 ini proses pembelajaran bagi peserta didik dilakukan melalui media daring yang dinilai kurang efektif dan efisien. Karena tidak semua orang paham akan pemanfaatan teknologi. Berdasarkan observasi lapangan banyak siswa yang sudah memiliki gadget tetapi tidak dimanfaatkan dalam dunia edukasi. Kebanyakan dari mereka menggunakannya hanya sebagai media hiburan. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan cara learning by doing. Dengan beberapa tahap yaitu (1) Tahap persiapan, (2) Tahap pelatihan, (3) Tahap pendampingan proses pembelajaran. Hasil program pengabdian masyarakat melalui pemanfaatan aplikasi digital dalam pembelajaran interaktif bagi siswa Sekolah Dasar di Dusun Blangit dinilai berhasil menambah wawasan peserta menjadi lebih luas lagi.


Full Text:

PDF

References


Hanjani Andreani & Wulaningrum. Pemberdayaan dan Strategi Marketing Petani Madu Desa Giri Tengah Kecamatan Borobudur-Magelang. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Romadhona, Desi & Hidayati, Nur. 2019. Peningkatan Keterampilan Dan Ekonomi Kaum Perempuan Melalui Pelatihan Merajut Benang Di Desa Wonokromo Kec. Tikung Kab. Lamongan.STIEKHAD.

Makmuriana Lestari & Jaka Pradika Penyuluhan Cuci Tangan Pada Anak TK Nurul Muslimin Pontianak. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.