Pelatihan Penggunaan Google Classroom Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Bagi Guru

Masram Masram, Ika Purwanti, Ninik Sulistyoningsih, Ella Hindun Faal Cholaniyah, Siti Musarofah

Abstract


Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19, salah satunya adalah pembelajaran daring (dalam jaringan) yang dilaksanakan oleh hampir seluruh jenjang pendidikan yang ada di Indonesia. Model-model pembelajaran dikembangkan berbasis online (e-learning). Namun pada sisi lain, pelaksanaan pembelajaran daring mengalami kendala seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran daring tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan Google Classroom untuk mendukung proses pembelajaran daring di SDN Desa Kudikan. Sasaran kegiatan ini adalah para guru SDN Desa Kudikan. Metode pelaksanaan menggunakan  ceramah, praktikum, dan tanya jawab. Peserta pelatihan diberikan pemahaman konseptual tentang media pembelajaran jarak jauh atau online sekaligus mempraktekkan penggunaan aplikasi Google Classroom. Hasil dari kegiatan ini antara lain: peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan, guru SDN Desa Kudikan dapat memahami pemanfaatan google classroom dengan indicator bahwa guru dapat membuat ruang kelas pembelajaran daring. Para Guru SDN Desa Kudikan telah mampu mengoperasikan aplikasi Google Classroom sebagai media alternative, akan tetapi masih perlu dilakukan pendampingan sampai guru benar-benar memahami dan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring di masa pandemic Covid-19.


Keywords


google classroom; pembelajaran daring; covid-19

Full Text:

PDF

References


Hamdani, A.U., Suryadi, L., Harsanto, K., dan Broto, S. 2020. Pelatihan Penggunaan Google Classroom untuk Menunjang Kegiatan Belajar bagi Guru SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. IKRAITH-ABDIMAS, 3 (1), 95-100.

Terasne., Permana, D., Salim, A., Utama, I Made P., dan Hanan, A. 2020. Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Alternatif pada Masa Covid-19 bagi Guru. SASAMBO: Jurnal Abdimas, 2 (3), 95-100.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.