Pendampingan Intensifikasi Promosi Sekolah melalui Media Sosial SMPK Indriyasana VII Surabaya

Vincentia Devina Setyawati, Alfiyan Richard

Abstract


Lembaga pendidikan harus beradaptasi terhadap situasi pandemi Covid-19 yang terjadi sejak bulan Maret 2020. Adaptasi tersebut bukan hanya dalam proses pembelajaran tetapi juga dalam menghadapi risiko keberlanjutan lembaga akibat perubahan kondisi sosial ekonomi, antara lain kemampuan finansial orangtua siswa untuk mengakses lembaga-lembaga pendidikan swasta. Risiko tersebut perlu diantisipasi oleh sekolah swasta yang belum stabil, salah satunya adalah SMPK Indriyasana VII Surabaya. Tim pengabdian masyarakat Universitas Katolik Darma Cendika melakukan analisis terhadap kondisi objektif di internal sekolah dalam kaitannya dengan keberlanjutan sekolah. Hasil analisis menunjukkan perlunya melakukan program untuk mengantisipasi risiko jangka pendek, yaitu menurunnya jumlah siswa baru. Analisis pohon masalah dan prioritas jangka pendek menjadi dasar bagi tim pengabdian masyarakat untuk melaksanakan program intensifikasi promosi dengan menggunakan instrumen media sosial.


Keywords


sekolah; promosi; siswa baru

Full Text:

PDF

References


A. Fadhilah, R. &. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Rumah Tangga. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 233-248.

Bank Dunia. (2013). Mendayagunakan Guru dengan Lebih Baik: Memperkuat Manajemen Guru untuk Meningkatkan Efisiensi dan Manfaat Belanja Publik. Jakarta: Bank Dunia.

Basri, M. (2011). Budaya Mutu Dalam Pelayanan Pendidikan. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 110-117.

Dewi, W. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. . Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 55-61.

H. Setyowardani, H. S. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 19-26.

Indrizal, E. (2014). Diskusi Kelompok Terarah. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial, 75-82.

R. Gusdiandika, &. K. (2016). Pengaruh Promosi Sekolah Terhadap Keputusan Siswa dalam Pemilihan SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 27-38.

Rahman, S. (2016). Mengenal Sekolah Unggulan. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11-22.

Suprapto, I. R. (2019). Evaluasi Kinerja Pembangunan Progra Kerja Base Transceiver Station (BTS) Menggunakan Logical Framework Analysis Studi Pada Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) KOMINFO. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , 2685-2692.

W. Syafitri, &. L. (2019). Pelatihan Branding Sekolah pada Sosial Media di SMP IT Madani. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 158-166.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.