Pengembangan Dan Pembinaan Unit Usaha Panti Asuhan Karya Kasih Surabaya

Citra Anggraini T, Richo Sebastian Chandra

Abstract


Panti asuhan adalah lembaga sosial yang didirikan untuk menampung anak-anak dengan status yatim piatu. Keberlanjutan kehidupan di panti asuhan banyak disokong oleh para dermawan. Namun, selain dari para dermawan panti asuhan juga hidup dari unit usaha. Unit usaha yang dimiliki Panti Asuhan Karya Kasih adalah berbentuk koperasi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk berbagi pengetahuan dan bekerja bersama dalam membantu mengoptimalisasi kinerja Koperasi Karya Kasih agar dapat memenuhi kebutuhan penghuni panti sehari-hari dan menyediakan kebutuhan bagi warga sekitar. Metode pengumpulan data untuk pelaksanaan pengabdian masyarakat yaitu analisis sosial, observasi dan wawancara. Hasil yang dicapai dari pengabdian masyarakat ini yaitu adanya peningkatan pada penjualan koperasi dan tata cara penulisan administrasi yang dapat dipertahankan sehingga pencatatan pendapatan dapat diketahui dan keuntungannya dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Keywords


panti asuhan; unit bisnis; koperasi

Full Text:

PDF

References


Imam Sujono, S. Pd, M.M., Sunanik, S. Pd, M.M. (2016). Panti Asuhan Dibidang Kewirausahaan. EDUKA, 1(1), 102-111.

Indah Susilawati. (2020). Pelatihan Pembukuan Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Bunda. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4 (1), 74-79.

Lusi Dwi Putri. (2018). Pemberdayaan Mahasiswa Fakultas Teknik Dengan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2 (2), 315-321.

Nanda Widaninggar, Nurshadrina Kartika Sari. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Dasar Dan Pelaporan Keuangan Kpri “Kencana”. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 4(2), 102-109.

Ratih Kusumawardhani, Ignatius Soni Kurniawan, Alfiatul Maulida, Agus Dwi Cahya. (2020). Pelatihan UKM Rumahan Industri Pangansebagai Upaya Meminimalkan Kendala Berwirausaha, Indonesian Journal of Community Engagement, 6(1).

Risgiyanti, Ana Shohibul. (2019). Program Peningkatan Kemandirian Ekonomi Panti Asuhan Syifa’ul Qolbi, Bakti Cendana, 2(2), 58-65.

Yuyun Isbanah, Achmad Kautsar, Prayudi Setiawan Prabowo. (2017). Membangun Kemandirian Financial Anak Panti Asuhan Melalui Pelatihan Kewirausahaan. ABDIMAS, 21(2), 153-159.

Departemen Sosial Republik Indonesia. 2004. Acuan Pelayanan Sosial Anak di Panti Sosial Asuhan Anak. Jakarta : Departemen Sosial Republik Indonesia.

Kantor Kepresidenan Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang No. 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.

Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Handito. (2017). DPRD DIY Usulkan Ekonomi Kreatif, Koperasi, dan UKM Dilindungi Perda. Diakses dari https://jogja.tribunnews.com/2017/09/25/dprd-diy-usulkan-ekonomi-kreatif-koperasi-dan-ukm-dilindungi-perda.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.