Sosialisasi Penanganan Penyakit Kronis Dan Stunting Dengan Mengkonsumsi Nasi Embrio Organik Dan Olahannya Di UMKM Desa Sukorambi Kabupaten Jember

Rohimatush Shofiyah, Sawitri Komarayanti

Abstract


Tujuan sosialisasi adalah untuk menyampaikan informasi, ilmu pengetahuan dan solusi penanganan penyakit kronis dan stunting dengan mengkonsumsi nasi embrio organik dan olahannya di lingkungan mitra UMKM Desa Sukorambi Jember. Masyarakat desa Sukorambi belum memahami dampak buruk konsumsi beras putih, tepung putih dan gula putih terhadap kesehatan. Penyakit kronis dan kasus stunting pada ibu dan anak juga cukup tinggi di kabupaten Jember. Masyarakat Jember umumnya belum mengetahui gizi dan nutrisi beras embrio organik. Kandungan gizi yang terkandung dalam beras embrio organik sangat baik untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan mengatasi masalah kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan penyakit kronis dan masalah stunting. Uji kualitatif dan fisika pada beras putih dan beras embrio organik menunjukkan bahan-bahan yang diuji mengandung bahan kimia sintetis. Manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Tim UMKM Sukorambi tentang penyakit kronis dan stunting, memberikan informasi tentang solusi untuk menangani penyakit kronis dan stunting, serta beras embrio organik, dampak buruk konsumsi nasi putih, tepung putih, dan gula putih, memberikan motivasi kepada Kepala Desa Sukorambi dan Tim UMKM Sukorambi untuk meningkatkan program penyuluhan tentang Kesehatan.


Keywords


penyakit kronis; stunting; beras putih; beras embrio organik

Full Text:

PDF

References


Andrian, Kevin,dr, (2019), “Penyebab Gagal Ginjal dan Pencegahannya”, ALODOKTER KEMENKES RI, 29 Oktober 2019, Jakarta.

Arum, P., (20170, “Stunting Berdampak Pada Pertumbuhan Badan Anak-Anak”, KPAG Jember, Jember.

BPJS Jember, (2018), “10 Penyakit Kronis Yang ditanggung BPJS Jember”, Jember.

http://keluargasehat.kemkes.go.id/, (2016), “TOT Pelatihan Keluarga Sehat”, Aplikasi Keluarga Sehat.

https://youtu.be/PkvNqHWeeW0, “Sosialisasi Penanganan Penyakit Kronis Dan Stunting Dengan Mengkonsumsi Nasi Embrio Organik Dan Olahannya Di UMKM Desa Sukorambi Kabupaten Jember”, Tim Dosen UNMUH Jember, Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, 05 Maret 2020.

Irmayani, A., d.k.k., (2013), “Kebiasaan Pencucian Raskin Dan Residu Zat Pemutih (Klorin) Di Kelurahan Sidorame Timur Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan Tahun 2013”, FKM-USU, Medan.

Isnaini, D., (2019), “Banyaknya Penderita Penyakit Kronis dan Stunting Di Daerah Sukorambi Jember”, UMKM Sukorambi Jember, Jember.

LSM PRAKARSA Jawa Timur, (2018), “Kajian Tentang Stunting Di Kabupaten Jember”, Jember.

Nareza, Meva, dr, (2020), “Pahami Penyebab Stunting dan Dampaknya pada Kehidupan Anak”, ALODOKTER KEMENKES RI, 30 Januari 2020, Jakarta.

Nurnawati, H., (2015), “Kandungan Klorin Pada Beras Putih Di Pasar Tanjung Kabupaten Jember”, Skripsi, FKM-UNEJ, Jember.

Prawirohartono, E.P, dr, Hanifah, R.N., S.Gz., (2019), “Kenali Penyebab stunting Anak”, Sardjito.co.id, RSUP Dr. Sardjito, 22 Juli 2019, Yogyakarta.

Qomariah, S.N., (2017), “Masalah Stunting Merupakan Isu Krusial di Kabupaten Jember”, DINKES Jember, Jember.

Tania, Savitri, dr, (2020), “Batasan Kadar Gula darah Yang Normal Dalam Tubuh”, hellosehat.com (25 juni 2020), Jakarta.

www.sonata-green.co.id (2012), “Mengembalikan Nutrisi Alami Anda”, P.T. Sonata Green Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.