Inovasi Produk Biji Pepaya Menjadi Serbuk Biji Pepaya

Dewi Lusiana, Aji Brahma Nugroho

Abstract


Penduduk Desa Umbulsari terkenal sebagai petani pepaya. Pepaya merupakan salah satu buah yang bisa dibeli dengan harga murah. Karena melimpahnya buah pepaya di Umbulsari maka dibentuklah Kelompok Swadaya Masyarakat yang bernama Pusat Pengolahan Pepaya Terpadu (P3T). P3T ini mengolah buah pepaya. Sayangnya yang diolah hanya buahnya sedang bijinya dibuang. Padahal biji pepaya memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tannin, saponi anthraquinones dan anthocyanosides. Oleh karena itu perlu inovasi produk untuk mengolah biji pepaya menjadi lebih bermanfaat. Dengan diproduksinya serbk biji pepaya diharapkan Pusat Pengolahan Pepaya Terpadu (P3T) bisa menghasilkan produk yang unik dan berdaya saing.  Dengan mengolah biji pepaya menjadi serbuk biji pepaya memudahkan untuk dikonsumsi. Serbuk biji pepaya mempunyai efek hipolipidemia dan anti oksidan yang luar biasa. Efek hipolipidemia ini berguna untuk terapi kolesterol yang tinggi. Serbuk biji pepaya ini dapat diminum bersama kopi atau susu, juga bisa dicampurkan   untuk   masakan.   Selain   itu   serbuk   biji   pepaya   juga   bisa   bermanfaat   untuk mengempukkan daging. Dengan diolahnya biji pepaya menjadi serbuk biji pepaya akan menambah penghasilan anggota P3T. Biji pepaya yang awalnya dibuang bisa diolah menjadi serbuk biji pepaya yang menghasilkan uang. Diharapkan dengan pelatihan pembuatan biji pepaya dapat meningkatkan penghasilan anggota P3T.


Keywords


biji pepaya; kandungan biji papaya

Full Text:

PDF

References


Afifah, Efi. 2003. Khasiat dan Manfaat Pepaya.Agromedia Pustaka.

https://doktersehat-com.cdn.ampproject.org/v/s/doktersehat.com/biji-pepaya-ternyata- memiliki-banyak-manfaat- kesehatan/amp/?amp_js_v=a2&amp_gsa=1&usqp=mq331AQEKAFwAQ%3D%3D#aoh=15660948847288&amp_ct=1566094898352&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google. com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fdoktersehat.com%2Fb iji-pepaya-ternyata-memiliki-banyak-manfaat-kesehatan%2F (Diakses tanggal 5 Juni 2019).

https://jabar.tribunnews.com/2017/06/16/minum-kopi-biji-pepaya-dipercaya-bisa- sembuhkan-penyakit-mematikan-ini-buktikan (Diakses tanggal 15 Juli 2019).

Muchtadi, Dedy. 2001. Pangan & Gizi. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.