Pelatihan Pengetahuan Gizi Dan Stimulasi Kecerdasan Anak Bagi Guru Dan Ibu Anak Usia Dini Di TK. Al – Istiqlal Jember

Arik Susbiyani, Seno Sumowo

Abstract


Pengadian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meenemukan soluasi terkait dengan maraknya makanan cepat saji dan  instant yang sering menjadi menu bekal anak disekolah. Misalnya, berdasarkan hasil survei pendahuluan yang dilakukan di TK Al-Istiqlal Tegal Bai Jember anak membawa bekal chiki-chiki,  sosis dan nugget, dan nasi kuning. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman orang tua siswa terhadap  pengetahuan, motivasi, sikap, perilaku dan keyakinan orang tua terhadap gizi seimbang. Permaslahan lainnya adalah  kurangnya pemahaman  Guru TK dalam memahami status gizi anak. Solusi yang disepakati dengan mitra ada dengan mengadakan pembinaan dan pengarahan tentang identifikasi visual status gizi anak balita. Sedangkan untuk orang tua siswa adalah  program pelatihan untuk membantu individu  agar kritis terhadap makanan. Perilaku kritis ini mencakup kemampuan afektif seperti ketegasan, manajemen diri dan kemampuan untuk mengontrol pemilihan makanan. Target dari kegiatan ini adalah adanya perbaikan tata nilai kesehatan dan pendidikan yang berkaitan dengan status gizi siswa TK Al-Istiqlal.  Hasil yang telah dicapai dari kegiatan pelatihan  ini adalah para  guru mampu memahami status gizi anak balita dengan baik. Selain itu,  untuk orang tua siswa adalah  lebih kritis terhadap makanan. Perilaku kritis ini mencakup kemampuan untuk mengelola dan kemampuan untuk mengontrol pemilihan makanan untuk bekal sekolah.


Keywords


status gizi; pendidikan anak usia dini; program pendidikan gizi pada orang tua

Full Text:

PDF

References


Christiansen et. al (2013). Environmental Factor That Impact The Eating Behaviors of Low-income African American Adolescents in Baltimore City. Journal of Nutrition Education and Behavior 45, (6); 652-660. http://dx.doi.org/10.1016/j.jneb.201 3.05.009.

Contento, I.R. (2011). Nutrition Education. Linking Research, Theory and Practice. 2nd Edition. London: Jones and Barlett Publishers, LLD. Amin Widjaya Tunggal. 2001.

Soegeng P. T, (2001). Pengukuran Status Gizi Balita. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.