Pelatihan Kewirausaan Jamu Jambe Nom Pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Jember Lor

Norita Citra Yuliarti, Sofia Rhosma Dewi

Abstract


Ibu rumah tangga memiliki peran dan potensi yang sangat penting dalam mendukung program pengentasan kemiskinan di Indonesia. Profesi ibu rumah tangga sering dianggap bukan merupakan suatu pekerjaan karena  tidak mendapatkan penghasilan. Ibu rumah tangga banyak bergantung pada penghasilan suami dan tidak dapat melakukan kegiatan yang produktif secara ekonomi. Kondisi ini sedikit banyak menimbulkan kejenuhan secara psikologis bagi ibu rumah tangga. Usaha produktif ibu rumah tangga dapat dilakukan di rumah secara berkelompok dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar. Pemberdayaan ibu rumah tangga dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga dilakukan dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga yaitu kunir yang dapat dibudidayakan di lahan sekitar rumah dan buah jambe nom atau pinang muda. Mitra dalam program ini adalah ibu - ibu PKK Kelurahan Jember Lor.  Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan menggunakan 5 tahapan dan metode, yaitu tahap identifikasi masalah, tahap analisis kebutuhan, tahap penyusunan program, tahap pelaksanaan program, dan tahap monitoring evaluasi. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa 15 ibu PKK  mampu melakukan teknik pengolahan jamu yang benar dan mampu memasarkan proudk jamu

Keywords


jamu; jambe nom; ibu rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2018). Pelatiihan Aspek Marketing MIx untuk Usaha Kerajinan Tangan bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Leato Utara, Kecamatan Dumbo Raya Gorontalo. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Hersoelistyorini, W., Nugraheni, Y., & Hardiyanti, D. (2015). IbM Kelompk Ibu Rumah Tangga di Kampung Kokosan dalam Produksi Abon Ikan Bandeng . Abdimas, 49-57.

Jember, B. (2018 ). Kecamatan Patrang dalam Angka. Jember: BPS Jember.

Ocatvia, A., Sumarni, & Sam, I. (2016). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Bagi Ibu Rumah Tangga, Remaja Putri dan Kelompok Usaha Bersama Mutiatra Kota Jambi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 36-42.

Septia, E., Windiana, L., & Amir, N. (2018 ). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dengan Teknologi Budidaya Aquavertikuler pada Lahan Sempit. CARRADE : Jurnal Pengabdian MAsyarakat, 30 - 36.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.