Kegiatan Pengolahan Data Masyarakat Berpenghasilan Rendah Di Pusat Data Dinas Sosial Kota Surabaya

Citra Anggraini Tresyanto, Heribertus Roy Juan

Abstract


Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Departemen Pendataan adalah departemen pemerintah yang bertuga melakukan penginputan data masyarakat berpenghasilan rendah di kota Surabaya, untuk mengetahui jumlah statistik berapa masyarakat kota Surabaya yang tidak mampu, membutuhkan bantuan, dan mendata ulang jumlah  tanggungan dalam satu keluarga. Data yang dikumpulkan adalah berdasarkan fakta dilapangan. Sehingga, hal ini bisa mencegah manipulasi data untuk tujuan tertentu. Tujuan utama dari Departemen Sosial sebenarnya adalah untuk mendapatkan data yang akurat dengan bantuan masyarakat sekitar. Masalah utama yang ada di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Departemen Pendataan adalah kekurangan orang untuk melakukan penginputan data dan analisa data. Ada banyak sekali data yang datang dari seluruh kecamatan di Surabaya. Data ini harus diolah dan dianalisa untuk mendapatkan berapa jumlah masyarakat berpenghasilan rendah yang membutuhkan bantuan. Jadi dengan keterbatasan orang dalam menginput data tersebut, akan menghambat proses pemberian bantuan terhadap keluarga berpenghasilan rendah. Butuh perubahan didalam proses ini. Solusinya adalah membuat buku panduan yang berisi langkah demi langkah, pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan, dan problem teknis yang sering terjadi ketika menginput data. Hal ini dilakukan agar proses penginputan bisa dilakukan dengan lebih cepat.


Keywords


data; proses penginputan; buku panduan; departemen sosial; pengumpulan data

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2019. Dinas Sosial Kota Surabaya (https://surabaya.go.id/id/page/0/8089/dinas-sosial).

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 53 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Sosial Kota Surabaya

Sugiyono.2010.metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sartono Kartodirjo, Pendekatan Ilmu Sosial Dalamk Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia, 1993.

Suharto, Edy, 2003. Kemiskinan dan Keberfungsian Sosial, Studi Kasus Tangga Miskin Di Indonesia, Badan Latihan dan Pengembangan Sosial, Departemen Sosial RI, Jakarta.

Suharto, Edy, 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Pembangunan KesejahteraanSosial dan Pekerjaan Sosial, Aditama, Bandung.

Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Yustika, Ahmat Erani, (2003). Negara VS Kaum Miskin, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i1.3292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats