Meningkatkan Omzet UMKM Bidang Jasa Melalui Pelaksanaan Manajemen Kualitas Secara Terpadu

Feti Fatimah, Kosjoko Kosjoko

Abstract


Usaha Pengecatan Mobil merupakan usaha jasa. Usaha ini merupakan usaha yang memberikan pelayanan mengecat kembali mobil agar terlihat baru dan atau menghilangkan lecet atau terkelupasnya cat badan mobil. Usaha cat badan mobil untuk saat ini memiliki prospek yang bagus karena permintaan mobil selalu meningkat dan resiko kerusakan cat akibat kecelakaan paling besar daripada yang lainnya. Bagi pemilik mobil, penampilan badan mobil sangat diperhatikan karena yang pertama dilihat oleh orang. UMKM pengecatan badan mobil meski masih berskala UMKM tetap harus bersikap profesional agar omzetnya meningkat. UMKM harus menggunakan bahan dan peralatan berkualitas serta memiliki tenaga kerja yang profesional, hal ini berarti bahwa UMKM harus  menerapkan manajemen kualitas secara terpadu dengan cara memperhatikan kualitas dan selalu berinovasi. Kualitas yang selalu terjaga dan selalu melakukan inovasi harus juga di jalankan oleh UMKM pengecatan badan mobil milik Pak Sugiran. Hal ini agar omzetnya naik. Lokasi mitra dengan Universitas Muhammadiyah Jember berjarak 37 KM. Permasalahan mitra yakni: Usaha belum melaksanakan manajemen kualitas secara terpadu dalam mengelola usaha serta belum melakukan inovasi dalam  menjalankan usaha. Solusi terbaik bagi mitra  pada Program Kemitraan Masyarakat adalah: Pelatihan dan pendampingan dalam pelaksanaan manajemen kualitas secara terpadu dalam mengelola usaha Melakukan inovasi dalam menjalankan usaha

Keywords


UMKM; Usaha Pengecatan Mobil; Manajemen kualitas secara terpadu; Inovasi

Full Text:

PDF

References


Fatimah, Feti. 2016. Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Syariah terhadap Keputusan Belanja pada Sebuah Ritel di Desa Balung Lor Balung – Jember. Jurnal EKTASI Ekonomi, Akuntansi dan Organisasi. Volume 2/ Nomer 2/April 2016

Gunara, Thorik. 2007. Marketing Muhammad.“Strategi Andal dan Jitu Praktik Bisnis Nabi Muhammad saw”. Bandung: Masania Prima.

Herjanto, E. 2007. Manajemen Operasi (Edisi 3). Jakarta: Grasindo.

Ismawan, Indra. 2005. Easy Way to Build Your Own Businesss: Membangkitkan Etor

Entrepreneurship dan Instink Bisnis Anda. Yogyakarta: Media Pressindo.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Tjiptono, F. & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

http://manajemenmututerpadudalampendidikam.wordpres.com. Diunduh tanggal 28/06/2018 jam 10.00

http://id.wikipedia.org/wiki/manajemen-kualitas-total). Diunduh tanggal 27/06/2018 jam 09.00

http://www.msn.com. Diunduh tanggal 27/06/2018 jam 09.00




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i1.3291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats